Dark/Light Mode

Hari Bakti PUPR, ASTRA Tol Tangerang-Merak Tanam Ribuan Pohon Di Tol Serang

Jumat, 17 Desember 2021 23:31 WIB
Presiden Direktur ASTRA Tol Tangerang-Merak, Krist Ade Sidiyono sedang melakukan penanaman pohon jenis tanaman hias Pucuk Merah, Jumat (17/12)
Presiden Direktur ASTRA Tol Tangerang-Merak, Krist Ade Sidiyono sedang melakukan penanaman pohon jenis tanaman hias Pucuk Merah, Jumat (17/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Menanam Pohon Nasional  dan Hari Bakti Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke-76, ASTRA Tol Tangerang-Merak bersama Yayasan Sarana Wana Jaya (YSWJ) melakukan kegiatan penanaman pohon yang berlokasi di Akses Tol Serang Barat.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Marga Mandalalasakti Kris Ade Sudiyono mengharapkan agar kegiatan tersebut bukan hanya sebagai simbolis kegiatan rutin penanaman pohon yang dilakukan setiap tahunnya, namun dapat mewujudkan Green Tol untuk jalan Tol berkelanjutan.

Baca juga : Bersama Masyarakat, Jokowi Tanam Pohon Di Area Bekas Tambang

“Kita tidak hanya sekedar melakukan penanaman pohon namun dapat mewujudkan Green Toll Road, karena masih banyak hal yang kita lakukan. Kami juga berencana akan terus melanjutkan penanaman pohon sebagai upaya mitigasi perubahan iklim yang berpotensi dihasilkan dari aktivitas infrastruktur,” kata Kris dalam sambutannya, Jumat (17/12).

Adapun pohon yang disumbangkan oleh YSWJ sebagai bentuk dukungan kepada ASTRA Tol Tangerang-Merak berjumlah 1000 pohon untuk beberapa titik di ruas Tol Tangerang-Merak yang rencananya akan diberikan secara bertahap, yang terdiri dari pohon pelindung di mana berfungsi sebagai penyerap bahan-bahan pencemar udara seperti Trembesi, Beringin dan Jati, tanaman hias seperti Tabebuya dan Pucuk Merah, serta jenis tanaman buah-buahan seperti Nangka, Alpukat, Jambu, Mangga dan lainnya.

Baca juga : Investasi 2021 Capai Rp 11 T, Kota Tangerang Menarik Bagi Investor

Lebih lanjut Kris menyampaikan, bahwa dalam program penghijauan atau penanaman pohon, Astra Tol Tangerang-Merak memiliki tiga fokus kegiatan yaitu Penanaman Pohon Pelindung yang mana telah dilakukan di sepanjang jalan Tol Tangerang-Merak. Hidroponik yang telah dilakukan sejak tahun 2019 dengan hasil sawadaya karyawan, sehingga memilki lokasi hidroponik di Gerbang Tol GT0 Cikande, Gerbang Tol Balaraja Timur dan Serang Barat, dalam waktu dekat akan di buat di Serang Timur. 

Terakhir adanya Pranaraksa yang merupakan kegiatan penanaman pohon buah nusantara sejak tahun 2020, dimana sudah terdapat 3 lokasi Pranaraksa yaitu Balaraja Timur, Cikande dan Akses Serang Timur Taman Petak papat dan hari ini akan bertambah lokasi pranaraksa Serang Barat. 

Baca juga : Peringati HMPI, ASTON Priority Simatupang Tanam 4,000 Bibit Mangrove

Pada kegiatan tersebut turut hadir Ketua pengurus YSW,  Boen M Purnama, Didampingi oleh beberapa Pembina dan Manajemen YSWJ dan ASTRA Tol Tangerang Merak.  [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.