Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Basuki: Kesiapan Infrastruktur Mudik Tahun Ini Lebih Baik

Rabu, 5 Juni 2019 20:55 WIB
Menteri Basuki bersama  keluarga hadiri open house Presiden Jokowi di Istana Negara.
Menteri Basuki bersama keluarga hadiri open house Presiden Jokowi di Istana Negara.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama keluarga dan cucunya menghadiri Open House Presiden RI ke-7 Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (5/6).

Sejumlah pejabat negara hingga tokoh bangsa, juga hadir disana. Terlihat Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Dirut Bulog Budi Waseso, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Mensos Agus Gumiwang, Kepala KEIN Sutrisno Bachir hingga Menpan RB Syafruddin telah hadir ke kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca juga : Menhub : Mudik Tahun Ini Terasa Lebih Lancar

Kepada awak media, Basuki mengatakan, secara umum kesiapan jalur mudik tahun 2019 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut dia, ada tiga aspek yang menjadi kunci lancarnya perjalanan mudik. 

Pertama, peran dari prasarana pembangunan infrastruktur penunjang untuk proses perjalanan mudik. Kemudian manajemen dari arus mudik yang dinilai sudah cukup baik. Selanjutnya, juga dengan membaiknya perilaku dari pengguna prasarana mudik. 
 
"Tidak hanya infrastruktur, transportasi pun bisa lancar jika prasarana, manajemen dan perilaku penggunanya dikelola dengan baik," kata Basuki. 

Baca juga : Mantap, Kecelakaan Mudik Tahun Ini Turun 80 Persen

Dalam open house tersebut, Basuki mengatakan, kesiapan jalur mudik tahun ini  lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan kesigapan para stakeholder dalam mengamankan arus mudik lebaran.  

“Pada saat mudik, Kementerian Perhubungan sebagai Koordinator dan Korlantas sebagai penanggung jawab di lapangan. Sedangkan PUPR berada dibelakang untuk mensupport, dan saya ikuti terus perkembangannya. Bahkan kepolisian menyatakan infrastruktur lebih baik tahun ini dibandingkan tahun lalu, karena memudahkan melakukan rekayasa lalu lintas,” jelas Basuki. 

Baca juga : PUPR Genjot Infrastruktur Untuk Tingkatkan Daya Saing

Selain itu, pemudik juga dapat berbagi informasi mengenai kelancaran arus mudik melalui akun media sosial tahun ini. Diantaranya, perjalanan mudik Jakarta-Bandung 2-3 jam, Jakarta-Semarang 6 jam, Jakarta-Solo 8 jam, Jakarta-Surabaya kurang dari 10 jam.
 
Dalam kesempatan itu, Pria jebolan UGM ini juga tidak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Idul-Fitri kepada awak media. “Selamat Idul Fitri 1440 H, mohon maaf lahir batin," ucap Basuki. (FIK)
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.