Dark/Light Mode

Pandemi Nggak Bikin Kemenhub Loyo Bangun Infrastruktur Transportasi

Selasa, 21 Desember 2021 20:41 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers paparan capaian kinerja sektor perhubungan 2021 dan rencana kerja 2022, di Jakarta, Selasa (21/12). (Foto: BKiP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers paparan capaian kinerja sektor perhubungan 2021 dan rencana kerja 2022, di Jakarta, Selasa (21/12). (Foto: BKiP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus tancap gas melanjutkan pembangunan infrastruktur transportasi, meski Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui, sepanjang tahun ini di masa pandemi Covid-19 tidak mudah untuk melakukan pembangunan.

"Upaya yang tidak mudah di tengah pandemi, tetapi kami tetap konsisten melanjutkan pembangunan ini dengan baik," ujarnya, dalam paparan capaian kinerja sektor perhubungan 2021 dan rencana kerja 2022, di Jakarta, Selasa (21/12).

Baca juga : Korban Kecelakaan Terbanyak Tahun Ini Dari Moda Transportasi Laut

BKS, sapaan akrab Budi Karya mengungkapkan, di tahun 2021, Kemenhub mendapatkan alokasi anggaran Rp 45,66 triliun. Adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 dan lainnya membuat anggaran turun menjadi Rp 34,01 triliun.

"Di akhir 2021, kami optimis penyerapan mencapai 96 persen. Satu upaya yang tidak mudah di tengah pandemi, tetapi kami tetap konsisten melanjutkan pembangunan," tegasnya lagi.

Baca juga : Teken MoU, PB PRSI Dan Kadin Kembangkan Industri Akuatik Indonesia

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini menuturkan, sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi yang telah berhasil diselesaikan di tahun 2021.

Di antaranya KRL Jogja-Solo, Bandara Kuabang Halmahera Utara, Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh Kalimantan Tengah, KA Bandara YIA Kulonprogo, Jalur Layang Stasiun Manggarai Jakarta, Bandara Mopah Merauke Papua, Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, Bandara Tebelian Sintang Kalimantan Barat, dan Bandara Ngloram Cepu Jawa Tengah.

Baca juga : Kembangkan Wisata Di NTT, Pemerintah Bangun Infrastruktur Digital Dan Smart City

Adapun sejumlah infrastruktur yang masih berjalan pada tahun 2021 ini di antaranya, Terminal Tipe A (Amplas Medan, Tirtonadi Jateng), Pembangunan Pelabuhan Ambon Baru, Pelabuhan Penyeberangan di Nusa Penida, Bali dan di beberapa tempat lainnya (Kaimana, Batanta, Weda, Salawati, Bade), Pembangunan Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat, dan Jalur Ganda KA Manggarai-Cikarang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.