Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemenhub Kebut Pembangunan Infrastruktur 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Kamis, 2 Desember 2021 12:51 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur transportasi di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) pada tahun depan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan infrastruktur pendukung kawasan wisata Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang itu terus dikebut, meski di masa pandemi Covid-19.

"Dengan adanya dukungan infrastruktur transportasi, dapat memberikan kemudahan bagi mereka para wisatawan yang berkunjung di lima destinasi wisata tersebut," ujarnya, dalam keterangan resmi, Kamis (2/12).

Berita Terkait : Pembangunan Infrastruktur Masif, Pengembang Properti Kelas Atas Ketiban Untung

BKS, sapaan akrab Budi Karya mengungkapkan, pada 2022 Kemenhub telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 442,7 miliar untuk pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di 5 DPSP tersebut.

Anggaran itu lebih kecil dari tahun ini yang besarannya Rp 856,7 miliar. Kenapa lebih kecil? Sebab, diungkapkan BKS, beberapa kegiatan/proyek telah diselesaikan pada 2020 dan 2021.

"Dengan alokasi anggaran di tahun 2022, diharapkan dapat melengkapi apa yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya," harap BKS.

Berita Terkait : Kementan Tingkatkan Perdagangan Pertanian Dengan Serbia

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura ll (Persero) ini menambahkan, pembangunan infrastruktur transportasi yang dilakukan untuk mengoptimalkan konektivitas nasional dari dan menuju ke destinasi wisata itu merupakan bentuk dukungan Kemenhub terhadap sektor pariwisata.

Pembangunan yang dimaksud antara lain peningkatan kapasitas terminal penumpang pesawat udara, perpanjangan runway, penambahan rute internasional dan domestik, penyediaan jaringan infrastruktur kereta api, pembangunan pelabuhan laut, sungai dan danau, serta meningkatkan keselamatan jalan dengan penyediaan fasilitas keselamatan jalan.

BKS kemudian merinci infrastruktur transportasi yang telah dibangun di masing-masing DPSP. Di Danau Toba, sudah dilakukan pembangunan dan pengembangan Bandara Silangit dan Bandara Sibisa, dan peningkatan jalur kereta api Araskabu-Siantar.

Berita Terkait : HDCI Dukung Kebangkitan Sektor Ekonomi dan Pariwisata

Kemudian, pembangunan lalu lintas jalan, dan pembangunan angkutan jalan Kawasan Danau Toba, pembangunan transportasi danau sungai penyeberangan, dan pengadaan jaringan trayek angkutan (7 trayek plus 15 bus). 
 Selanjutnya