Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kominfo Patok Target Baru Program Ekonomi Digital 2022

Jumat, 31 Desember 2021 18:56 WIB
Ilustrasi perkembangan ekonomi digital. (Foto : Istimewa)
Ilustrasi perkembangan ekonomi digital. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan berbagai upaya dalam mendukung berkembangnya sektor ekonomi digital Indonesia.

Ini didasari pada kebutuhan pemulihan ekonomi pasca-pandemi serta potensi sektor ekonomi digital sebagai main economic driver bagi Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika telah mengarahkan agar pengembangan sektor ekonomi digital dilakukan secara komprehensif, di antaranya melalui program startup digital dan digitalisasi UMKM.

Baca juga : Menkominfo Tambah Target Pelatihan Talenta Digital 2022

“Untuk memfasilitasi para pelaku startup digital, Kementerian Kominfo memiliki program komprehensif, mulai dari level pengenalan terhadap konsep pendirian startup hingga dukungan business matchmaking bagi startup digital untuk meningkatkan potensi pendanaan guna pengembangan skala usaha," Dedy Permadi Juru Bicara Menteri Kominfo pada Konferensi Pers Kaleidoskop 2021 Kementerian Kominfo (Kamis, 30/12).

Menurut Dedy, program tersebut meliputi, Sekolah Beta yang memberikan wawasan dasar terkait konsep usaha startup. Gerakan 1000 Startup Digital yang memfasilitasi inkubasi pendirian awal startup.

"Selanjutnya adalah StartupStudio ID yang memfasilitasi pencapaian product-market-fit. Hub.id yang memfasilitasi business matchmaking dan peluang investasi, serta Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) yang memberikan mentorship kepada para pengembang gim lokal," tambah Dedy.

Baca juga : Kominfo Targetkan Infrastruktur TIK Kelar Pada 2024

Selain itu, sepanjang tahun 2021, Kementerian Kominfo telah berhasil melaksanakan program digitalisasi UMKM melalui program fasilitasi active selling, Digital Entrepeneur Academy (DEA), danq UMKM di 10 kawasan wisata prioritas. Dalam program ini, peserta mendapatkan pelatihan dan starter kit paket data, aplikasi aggregator, aplikasi Point-of-Sales (POS), serta Learning Management System (LMS). 

Melihat kilas balik capaian-capaian tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor ekonomi digital Indonesia dengan berbagai target baru di tahun mendatang.

“Di tahun 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan (1) 100.000 peserta dapat mengikuti berbagai program pengembangan startup seperti: Sekolah Beta; Gerakan Nasional 1000 Startup Digital; Startup Studio ID; Hub.ID; dan IGDX; serta (2) 100.000 peserta dapat terfasilitasi dalam berbagai program digitalisasi UMKM terutama pada level active selling, yakni level lanjutan setelah digital onboarding.” jelas Dedy Permadi. [IPL]

Baca juga : Diplomat Dan Pakar Bahas Prospek Kopi Indonesia Di 2022

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.