Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kasus Covid Tak Naik Signifikan

Masyarakat Masih Mau Pake Masker

Rabu, 12 Januari 2022 07:05 WIB
Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto. (Foto: BNPB)
Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) masih terjaga. Terbukti, hampir dua minggu usai musim liburan, kasus Covid-19 tak naik signifikan.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto bersyukur masyarakat Indonesia, terutama di kota besar yang mobilitasnya tinggi tetap patuh terhadap prokes selama Nataru. Kesadaran ini yang membuat Covid-19 tetap jinak.

“Bersyukur sekarang masyarakat sudah tahu apa yang harus dilakukan dalam menghadapi pandemi,” ujar Hery dalam diskusi, kemarin.

Berita Terkait : Masyarakat Sudah Lelah Sekarang Waktunya Doa

Dari data yang didapat Satgas Penanganan Covid-19, kedisiplinan masyarakat Indonesia dalam menjalankan prokes lebih tinggi dibandingkan negara-negara lain. Terutama, dalam penggunaan masker.

Ada beberapa kota di negara lain, seperti di Amerika dan Australia, yang membolehkan rakyat tidak bermasker dengan syarat vaksinasi sudah mencapai target.

Ada pula negara-negara di Eropa yang mengizinkan masyarakatnya berkerumun karena kasus sudah turun dan target vaksinasi tercapai.

Berita Terkait : Kasus Covid-19 Melonjak, Wagub DKI: Bukan Karena Lemahnya Prokes

“Tetapi Indonesia konsisten menjalani prokes meski kasus sudah turun. Di negara-negara lain sempat membebaskan masyarakatnya tidak bermasker ketika beraktivitas di luar rumah, sehingga memicu lonjakan kasus,” tuturnya.

Hery melanjutkan, menuju dua minggu usai musim libur Nataru kasus Covid-19 memang naik, tapi tidak tajam.

Prediksi ancaman gelombang ketiga kasus Covid-19 di Januari yang membuat fasilitas kesehatan kelimpungan, kemungkinan besar tidak akan terjadi jika masyarakat terus patuh terhadap prokes.
 Selanjutnya