Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kementan Targetkan Dana KUR Dongkrak Kinerja Pertanian 2022

Senin, 31 Januari 2022 20:28 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Istimewa)
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan program kerja Kementerian Pertanian (Kementan) 2022 fokus pada penyedian pangan utamanya bagi penduduk Indonesia. Program ini diikuti upaya meningkatkan daya saing produk pertanian agar dapat mengisi pasar ekspor.

"Kita selalu bersoal dengan anggaran oleh karena itu tadi ada kesepakatan kita bahwa anggaran Kementan tahun 2022 harus bisa terakselerasi dengan daya produktifitas yang lebih baik melalui pemanfaatan kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digulirkan Bapak Presiden Jokowi untuk dimanfaatkan di bidang pertanian," ucap Mentan saat diwawancarai usai melakukan rapar kerja (Raker) dengan Komite II DPD di Senayan, Jakarta, Senin (31/1).

Dalam raker tersebut, Mentan memaparkan pelaksanaan kebijakan Pembangunan Pertanian 2022, Kementan mengacu pada lima program sebagai kelanjutan pembangunan pertanian tahun sebelumnya, meliputi: (1) Program Ketersediaan, Akses dan Konsumsi Pangan Berkualitas; (2) Program Nilai Tambah dan Daya Saing Industri; (3) Program Riset dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; (4) Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi; dan (5) Program Dukungan Manajemen.

Baca juga : Kementan Pantau Ketat Distribusi Pupuk Subsidi Bagi Petani

"Kalo kita lihat tadi banyak titipan dan harapan dan kebutuhan masyarakat yang disampaikan melalui Komite II DPD RI.Tentu ini merupakan pekerjaan rumah yang harus sangat serius ditangani oleh Kementan," tegas Mentan.

Oleh karena itu, Mentan mengatakan kedepan berbagai harapan dan kebutuhan masyarakat dalam pengembangan sektor pertanian akan difasilitasi melalui dana KUR bidang pertanian sehingga upaya perkuatan produksi pangan, nilai tambah dan daya saing produk pertanian untuk mendongkrak kinerja pertanian TA 2022.

"Komite II DPD juga mengharapkan perhatian pemerintah tentu kita semua untuk bisa menambah anggaran pupuk dan memperbaiki tata kelolanya," kata Mentan.

Baca juga : Mentan Ingatkan Pentingnya Peran Penelitian Untuk Kemajuan Pertanian

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komite II DPD Yorrys Raweyai mengapresiasi capaian kinerja tahun 2021 dan strategi Kementan pada tahun 2022 yang telah dilaporkan secara komprehensif.

"Dalam pertemuan tadi ada 2 hal yang didiskusikan lebih panjang yakni yang pertama terkait kelangkaan pupuk. Jadi menurut Pak Menteri dan kita semua bahwa bukan langka tapi memang kurang," ujar Yorrys.

Yorrys menegaskan penggunaan pupuk sangat penting dalam sektor pertanian namun saat ini hampir semua daerah mengeluh terkait hal tersebut karena permintaan tinggi sedangkan supply tidak mencukupi.

Baca juga : Mentan Targetkan Penanaman 10 Juta Pohon Kopi Tahun 2022

"Idealnya pupuk ini harusnya dibawah arahan Kementan namun kenyataannya ada beberapa Kementerian yang menangani pupuk baik itu penyalurannya, produksi. Jadi memang perlu komitmen bersama dan mudah-mudahan atas rekomendasi kami, Pak Menteri bisa bawa ini ke pemerintah," tukas Yorrys. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.