Dark/Light Mode

Terima Kunjungan Dubes Inggris, Menkominfo Bahas Kerja Sama SATRIA-2

Jumat, 25 Februari 2022 17:33 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Owen Jenkins di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (25/2). (Foto: Istimewa)
Menkominfo Johnny G. Plate menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Owen Jenkins di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (25/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika (MenkominfoJohnny G. Plate menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Owen Jenkins.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, Menteri Johnny dan Duta Besar Owen Jenkins membahas kerja sama Satelit Indonesia Raya (SATRIA)–2.                

"Hari ini saya dikunjungi oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia H.E. Mr. Owen Jenkins. Menindaklanjuti diskusi atau pembicaraan tentang UK Ekspor Finance untuk mendukung SATRIA-2," kata Johnny di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (25/2).                

Baca juga : Tinjau PTDI, Dubes Kim Bahas Kerja Sama Perawatan Dan Moderisasi Pesawat

Dia menjelaskan, SATRIA-2 yang akan dibangun Airbus, merupakan High Throughput Satellite (HTS) kedua Indonesia. Kapasitas SATRIA-2 dirancang sama dengan SATRIA-1 sebesar 150Gbps.                

"Pemerintah Inggris memberikan dukungan yang serius untuk pembiayaan satelit baru ini. Dan dalam rangka itu, saya juga akan segera berkunjung ke Inggris untuk membicarakan dengan Airbus dan pemerintah Inggris untuk menindaklanjutinya," ujar Menkominfo.                

SATRIA-2 telah masuk dalam Green Book Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). "Sehingga skema yang dilakukan dimungkinkan melalui direct lending ke pemerintah Indonesia. Untuk itu, dokumen-dokumen pembiayaannya nanti akan dibicarakan antara UK Export Financing dengan Kementerian Keuangan. Karena hal ini untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Inggris," jelasnya.

Baca juga : Temui Menko Airlangga, Dubes Selandia Baru Bahas Kerja Sama Perdagangan Dan Energi

Duta Besar Owen Jenkins mengapresiasi pertemuan dengan Menkominfo Johnny G. Plate. Menurutnya, pertemuan ini akan memperkuat jalinan kerja sama antara Indonesia dan Inggris, khususnya di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

"Pemerintah Inggris dan perusahaan Airbus yang didukung melalui pembiayaan UK Export Financing dapat membantu Pemerintah Indonesia dalam menyiapkan kebutuhan akses internet. Melalui keuangan ekspor Inggris, kami dapat mendukung pekerjaan luar biasa yang dilakukan oleh Bapak Menteri Kominfo untuk menyediakan akses internet di seluruh kepulauan yang menakjubkan ini," jelasnya.                

Dia juga menyambut baik rencana kunjungan Menkominfo Johnny G. Plate ke Inggris. Menteri Johnny dijadwalkan akan menghadiri Global System for Communication Association International Communication Union Congress (GSMA ITU Congress).

Baca juga : Perdana Kunjungi Bahrain, Menhan Israel Ajak Negara Teluk Lawan Iran

"Kami sangat menantikan kunjungan Bapak Menteri Kominfo ke Inggris dan menunjukkan lebih banyak mengenai teknologi dan penawaran keuangan yang dimiliki Inggris," ungkap Duta Besar Owen Jenkins. Dia berharap pertemuan tersebut dapat meningkatkan hubungan kerjasama antar kedua negara. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.