Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Canangkan Satu Desa Satu Data Di Jembrana

Wamen Budi Arie: Kecepatan Ekonomi Digital Sangat Luar Biasa, Pemuda Harus Terlibat

Minggu, 27 Februari 2022 12:08 WIB
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi dalam acara pencanangan Satu Desa Satu Data di Jembrana Bali , Sabtu (26/2). (Foto: Humas PDTT)
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi dalam acara pencanangan Satu Desa Satu Data di Jembrana Bali , Sabtu (26/2). (Foto: Humas PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Data adalah hal yang sangat penting untuk merumuskan berbagai kebijakan. Karena itulah Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi mengungkapkan pentingnya data desa, untuk merumuskan berbagai program pembangunan desa.

"Pembangunan desa harus terukur dan terarah. Peran data menjadi mutlak dan penting," ujar Budi Arie Setiadi saat pencanangan Satu Desa Satu Data di Jembrana Bali , Sabtu (26/2).

Keterlibatan pemuda dalam membangun digitalisasi di desa, diyakini Budi Arie dapat memberikan dampak positif.

Baca juga : Menteri Sakti: Laut Bukan Keranjang Sampah, Harus Dijaga!

Alasan terkuatnya, para pemuda dinilai dapat memberikan ide segar. Sehingga, kreativitas dan inovasi dapat muncul untuk mensukseskan salah satu isu penting dalam G20 2022.

"Digitalisasi adalah keniscayaan yang menggerakkan masyarakat. Kecepatannya tidak bisa ditolak lagi. Bill Gates memprediksi, tahun 2035, semua metode pembayaran sudah cashless. Ini adalah suatu kecepatan. Kondisi masyarakat yang harus kita antisipasi," papar Budi Arie dalam acara Pencanangan Desa Mandiri Bahagia di Jembrana, Bali, Sabtu (26/2).

"Perbaikan langkah-langkah yang harus kita lakukan, membutuhkan kerja sama semua pihak. Saya percaya, Bupati dan kalangan muda, termasuk gen Y dan Z. Karena, generasi sebelum itu kadang agak gaptek. Sementara kecepatan ekosistem digital  sudah sangat luar biasa. Kecepatannya eksponensial," imbuhnya.

Baca juga : Wamendes PDTT Budi Arie Dorong Kemajuan Ekonomi Desa Di Sekitar Candi Borobudur

Pembangunan desa bersifat bottom up dan membutuhkan partisipasi masyarakat. Dalam hal ini, para pemuda harus terlibat secara aktif. Sehingga, kemajuan desa dan Indonesia berjalan secara cepat.

Wamendes Budi Arie hadir memberikan sambutan sekaligus menjadi keynote speaker dalam dialog terbuka bersama Bupati Jembrana dan Deputi Bidang Statistik di Kabupaten Jembrana.

Dalam kesempatan ini, hadir juga penasihat DWP Zara Murzandina, Kapusdatin Kemendes PDTT Ivanovich Agusta, Kepala Balai Latihan Masyarakat Denpasar, Semuel Thanelab Sine, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, dan Kadis PMD Jembrana I Gede Sudjana.

Baca juga : Menko Airlangga: Strategi Pemulihan Ekonomi Dinilai Sudah Tepat

Di hadapan para hadirin, Wamendes Budi Arie juga memuji ide Bupati Jembrana I Nengah Tamba untuk menciptakan sistem satu data.

Ia berharap, langkah ini bisa dijadikan contoh bagi Kabupaten lain. Sehingga, tidak lagi ada tumpang tindih data.

"Kabupaten Jembrana adalah kabupaten pertama yang mencanangkan sistem satu data. Saya harap, inovasi ini bisa dicontoh oleh kabupaten-kabupaten lainnya," pungkas Budi Arie. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.