Dark/Light Mode

Percepat Tranformasi

Kominfo Ajak Masyarakat Migrasi Ke Siaran TV Digital

Kamis, 10 Maret 2022 08:11 WIB
Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang (tengah) dalam Dialog Publik TVRI Bengkulu, Rabu (9/3). (Foto: Istimewa)
Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang (tengah) dalam Dialog Publik TVRI Bengkulu, Rabu (9/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus melakukan sosialisasi program Analog Switch Off (ASO) atau migrasi dari siaran televisi (TV) Analog ke TV Digital. Sosialisasi dilakukan dengan menggandeng Lembaga Penyiaran Publik (LPP) dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS).

Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang mengatakan, masyarakat harus bersiap memasuki era baru dengan hadirnya ekosistem teknologi digital.                

"Kepada masyarakat pada umumnya kami mengimbau dan mengajak agar bersama-sama kita mulai hari ini untuk bersiap diri berpindah dari siaran TV analog ke siaran TV digital," ujarnya dalam Dialog Publik TVRI Bengkulu pada Rabu (9/3).

Baca juga : Kebiasaan Berubah, Mondelez Indonesia Ajak Masyarakat Terapkan #JamNgemil

Menurut Philip, dengan menjadi bagian dalam migrasi TV digital, masyarakat ikut membantu pemerintah mempercepat transformasi digital. Siaran TV digital akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, terutama bagi penggemar siaran televisi.

"Hal-hal yang lebih menarik dalam arti tontonan kepada masyarakat, bahkan masyarakat punya kesempatan ketika beralih ke digital memperoleh banyak channel yang bisa dipilih sesuai dengan apa yang menjadi perhatian untuk tontonannya," jelasnya.                

Setiap penyelenggara siaran TV digital juga akan mempunyai kesempatan memberikan penyajian yang makin baik dan berkualitas kepada masyarakat.

Baca juga : Ratas PPKM, Wamenkes Ajak Masyarakat Segera Vaksinasi Booster

"Dengan demikian, maka kebutuhan masyarakat akan komunikasi dan pengetahuan bisa tersajikan dengan bersih gambarnya, jernih suaranya dan canggih teknologinya," sambungnya.                

Philip menekankan, migrasi siaran TV analog ke digital menjadi keniscayaan untuk menghadapi tantangan serta memanfaatkan peluang di era teknologi digital.

"Ini sesuatu yang memang mau tidak mau harus kita lakukan, harus kita ikuti. Meskipun Indonesia tertinggal dari negara-negara lainnya terkait program ASO, namun situasi saat ini kita mesti ikut dalam perubahan-perubahan seperti itu," ujarnya.

Baca juga : Driver Ojol Ajak Masyarakat Gunakan BBM Oktan Tinggi

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo bersama KPI Pusat maupun daerah, para mitra LPS termasuk LPP TVRI berupaya mendorong masyarakat agar beralih ke era digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.