Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

27 Satwil Polri Dapat Predikat A

Kapolri: Pelayanan Publik Harus Baik, Cepat, Tak Berbelit-belit

Kamis, 10 Maret 2022 21:37 WIB
Penyerahan hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan publik lingkup Polri Tahun 2021 dari Kementerian PAN-RB, di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (10/3). (Foto: Dok. Polri)
Penyerahan hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan publik lingkup Polri Tahun 2021 dari Kementerian PAN-RB, di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (10/3). (Foto: Dok. Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, pihaknya terus berkomitmen untuk mewujudkan serta memberikan pelayanan publik yang terbaik dan prima bagi masyarakat. Hal itu juga telah dituangkan dalam konsep transformasi menuju Polri Presisi, pada bidang transformasi pelayanan publik.

Komitmen Sigit itu disampaikan dalam acara penyerahan hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan publik lingkup Polri Tahun 2021 dari Kementerian PAN-RB, di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (10/3). Berdasarkan hasil evaluasi Kementerian PAN-RB, terdapat 27 Satuan Wilayah (Satwil) yang berhasil mendapat penghargaan kategori A berpredikat pelayanan prima. Lalu, 78 Satwil mendapat penghargaan kategori A- atau berpredikat pelayanan sangat baik. 

"Saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas perhatian dan penyerahan hasil evaluasi KemenPAN-RB terhadap pelayanan publik Polri tahun 2021. Bagi kami, ini merupakan motivasi yang sangat berharga, dan ini menjadi energi positif bagi kita semua. Tentunya juga khusus tadi yang mendapatkan kategori pelayanan prima dan pelayanan sangat baik. Namun demikian, juga menjadi evaluasi bagi yang mendapatkan penilaian yang belum sesuai dengan yang kita harapkan," kata Sigit, dalam pidatonya.

Baca juga : Sarankan Warga Dirawat Di Isoter, Kapolri: Kurangi Risiko Penyebaran Virus Dan Fatalitas

Sigit mengapresiasi Satwil yang meraih predikat pelayanan publik prima dan sangat baik. Di sisi lain, Sigit juga menyoroti beberapa Satwil yang tidak mampu meraih predikat tersebut. 

Karena memiliki komitmen mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Sigit pun menginstruksikan jajarannya di Propam Polri dan Itwasum Polri untuk langsung mengecek, apa faktor penyebab Satwil itu belum bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga. "Saya minta Propam dan Itwasum serta Satker terkait untuk turun mengecek masalahnya di mana. Apakah sarana dan prasarananya belum siap atau yang bersangkutan tidak mau berubah. Terhadap hal seperti ini kita harus perhatikan secara serius," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

Menurut Sigit, di era perkembangan teknologi informasi pada era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, pelayanan publik saat ini harus meninggalkan budaya lama yang tidak baik. Dewasa ini, dengan semangat reformasi birokrasi, pelayanan kepada masyarakat harus baik, cepat, tidak berbelit-belit, ramah dan responsif.

Baca juga : Kapolri: Pelayanan Publik Mudah Dan Tak Berbelit-Belit

Polri, kata Sigit, saat ini terus mewujudkan pelayanan publik seperti itu. Sigit pun mengutip pernyataan Presiden Jokowi untuk dipedomani seluruh jajarannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Pernyataan Jokowi yang dikutip Sigit, yakni "penyelenggara pelayanan publik harus semakin baik, tuntutan masyarakat terus meningkat, tidak akan ada toleransi bagi yang pelayanannya lambat dan berbelit-belit. Tidak ada tempat bagi yang pelayanannya tidak ramah dan tidak responsif".

"Ini amanat Pak Presiden, pimpinan tertinggi kita. Amanat ini menjadi direktif yang harus betul-betul kita laksanakan. Jadi, tidak ada kemudian kita coba terjemahkan dengan penerjemahan yang berbeda. Jawaban dan langkahnya hanya satu bagaimana kita tingkatkan pelayanan publik yang baik, cepat, tidak berbelit-belit, ramah dan responsif," tegas Sigit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.