Dark/Light Mode

Hadiri KTT ASEAN, Jokowi Terbang Ke Bangkok

Sabtu, 22 Juni 2019 11:42 WIB
Presiden Jokowi saat hendak bertolak ke Bangkok, Thailand untuk menghadiri KTT ASEAN ke-34, Sabtu (22/6). (Foto: Biro pers, Setpres)
Presiden Jokowi saat hendak bertolak ke Bangkok, Thailand untuk menghadiri KTT ASEAN ke-34, Sabtu (22/6). (Foto: Biro pers, Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi terbang menuju Bangkok, Thailand, Sabtu pagi (22/6). Eks Gubernur Jakarta itu akan menghadir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34.

Seperti dikutip dari Antara, Presiden dan Ibu Negara bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma pada Sabtu sekitar pukul 08:00 WIB menumpang pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Baca juga : Putra Ketua MA Tutup Usia, Jokowi Takziah ke Rumah Duka

Sejumlah pejabat ikut mendampingi Presiden. Mereka adalah Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsdya TNI Trisno Hendradi, Kepala Protokol Negara Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah lebih dahulu berada di Bangkok untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan Presiden.

Dalam KTT yang berlangsung selama dua hari tersebut, Jokowi akan mendorong ASEAN untuk tetap bersatu dan kokoh dalam mensikapi situasi dunia serta perkembangan global yang sangat dinamis saat ini. Hal itu diharap dapat membawa pengaruh bagi kawasan Asia Tenggara. 

Baca juga : Pidato di Rakernas IV PDIP, Jokowi Penuh Semangat

Salah satu upaya Jokowi yang akan mendorong negara-negara anggota ASEAN menyepakati Pandangan Bersama tentang konsep Indo-Pasifik ASEAN. Konsep tersebut dinilai sangat penting untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara yang telah berlangsung dengan baik di tengah dinamika geopolitik yang berkembang cepat.

Eks Walikota Solo itu juga akan mengingatkan komitmen terhadap penyelesaian negosiasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang penting ditingkatkan dalam merespons perkembangan ekonomi dunia. Indonesia juga akan mengangkat isu mengenai Rakhine State.

Baca juga : Jokowi Beri Sinyal Menteri dari Kalangan Aktivis 98

Menurut keterangan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Presiden juga akan memimpin KTT ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit dan menghadiri pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) 13th Summit.

Jokowi pun direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara ASEAN. Usai menghadiri KTT, Presiden beserta rombongan akan langsung kembali ke Tanah Air dan direncanakan tiba di Jakarta pada Minggu malam (23/6). [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.