Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Percepat Tranformasi Digital Global, Menkominfo Dorong Penerapan TKDN

Kamis, 17 Maret 2022 14:57 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat acara Peletakan Batu Pertama atau Groundbreaking Pengembangan Pusat Pengujian Perangkat TIK di Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (16/3). (Foto: Istimewa)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat acara Peletakan Batu Pertama atau Groundbreaking Pengembangan Pusat Pengujian Perangkat TIK di Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (16/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Balai Besar Pusat Pengujian Perangkat Teknologi (BBPPT) Informasi dan Komunikasi merupakan upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengintegrasikan Indonesia menjadi bagian dari transformasi digital global.                

Menkominfo Johnny G. Plate mendorong BBPPT yang berada dibawah Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika untuk memaksimalkan aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan sumber daya lokal.                

"Balai ini penting sekali untuk device gate. Walaupun kita sebagai konsumen teknologi TIK, tetapi kita harus memaksimalkan peran TKDN dan konten lokal dengan sebesar-besarnya. Dan salah satu alat ujinya terdapat di BBPPT," ujarnya dalam acara Peletakan Batu Pertama atau Groundbreaking Pengembangan Pusat Pengujian Perangkat TIK di Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (16/3).                

Baca juga : Transformasi Digital, Lazada Apresiasi Seller Berprestasi

BBPPT bakal mengintegrasikan standar perangkat digital sesuai dengan acuan internasional. Setelah mendapat sertifikasi dari Indonesia, perangkat tersebut harus memenuhi standar global dan kebutuhan standar di negara-negara pengguna teknologi.                

"Kerjasama dalam jaringan laboratorium global juga perlu dilakukan dengan berbagai negara di dunia ini. Kita tidak hidup sendirian, kita bekerja di dalam jaringan. Mari kita bangun relasi," kata Johnny.

Meskipun demikian, Menkominfo mengingatkan agar belanja APBN selalu menggunakan produk dan hasil karya domestik. Dengan memaksimalkan pemanfaatan jaringan, produk dan tenaga ahli lokal untuk membangun ekonomi lingkungan sekitar.                

Baca juga : Perkuat Transformasi Digital, Menkominfo Siap Bikin BBPPT Berstandar Global

"Berikanlah multiplier effect, berikanlah dampak bergandanya kepada UMKM, khususnya di lingkungan dimana proyek ini berada yaitu di Kota Depok baik di masa konstruksi maupun di masa operasi. Ini pesan khusus dari Bapak Presiden Joko Widodo untuk APBN ini kita maksimalkan dan utamakan untuk produk-produk karya anak bangsa sendiri," tuturnya.

Johnny menegaskan Indonesia bukan bangsa yang menutup diri terhadap interaksi dan perdagangan global. Namun demikian, tetap harus menjaga independensi. Apalagi saat ini relasi antar bangsa sangat ditentukan oleh geopolitik dan geostrategis.                

"Sama sekali tidak, tetapi juga tidak boleh terlalu terbuka sedemikian rupa sehingga dependensi ketergantungan kita terhadap perdagangan internasional menjadi terlalu besar," tuturnya.

Baca juga : Sukses Transformasi Digital, BRI Raih Pertumbuhan Jumlah Dan Nilai Transaksi

"Kita tahu ada perangkat ini ada boikot dan bisa mengganggu hubungan dan kerja sama internasional. Mengakibatkan terputusnya supply chain dan berdampak pada biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen menjadi lebih tinggi. Ini harus kita jaga bersama-sama," tandasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.