Dark/Light Mode

Dies Natalis IPDN Ke-66, Wapres: Cetak Abdi Negara Yang Unggul Dan Profesional

Kamis, 17 Maret 2022 15:55 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo dalam acara puncak peringatan Dies Natalis IPDN ke-66 yang diselenggarakan secara terbatas di Gedung Balairung Rudini IPDN kampus Jatinangor, Jawa Barat, Kamis (17/3). (Foto: Humas IPDN)
Rektor IPDN Hadi Prabowo dalam acara puncak peringatan Dies Natalis IPDN ke-66 yang diselenggarakan secara terbatas di Gedung Balairung Rudini IPDN kampus Jatinangor, Jawa Barat, Kamis (17/3). (Foto: Humas IPDN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Acara puncak peringatan Dies Natalis Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ke-66 yang diselenggarakan secara terbatas di Gedung Balairung Rudini IPDN kampus Jatinangor, Jawa Barat, pada Kamis (17/3), berjalan lancar dan sukses.

Acara ini menampilkan video ucapan selamat dari beberapa pejabat tinggi. Seperti, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Mendagri Tito Karnavian, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, dan jajaran menteri kabinet.  

Dalam testimoninya, Wapres Ma'ruf Amin berharap, IPDN dapat menjadi teladan dalam semangat perubahan, serta memberikan inspirasi moral dalam melaksanakan pengabdian.

Baca juga : Dies Natalis Ke-66, IPDN Gelar Gebyar Vaksinasi Booster Di Jatinangor

Selain itu, Ma’ruf juga kembali mengingatkan IPDN untuk terus fokus dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, professional, visioner, berintegritas, beriman, berdaya saing serta memiliki karakter melayani masyarakat.

"Saya percaya IPDN memiliki kemampuan dan kapasitas untuk merespon mandat pemerintah, terutama dalam mewujudkan pelayanan masyarakat yang cepat, mudah, murah, tidak berbelit dan bebas korupsi di seluruh pelosok Indonesia," ujar Ma'ruf.

Sementara Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan, sebagai salah satu sumber perekrutan ASN, IPDN harus menjaga mutu lulusannya. Sebab, lulusan IPDN akan mempengaruhi kualitas aparat birokrasi.

Baca juga : Jewer Tuh, Yang Usul Tunda Pemilu

"Kualitas praja IPDN harus semakin ditingkatkan, agar ketika lulus mereka siap menjadi abdi masyarakat yang menerapkan praktik good government dan good governance," pesan Puan.

Mendagri Tito Karnavian memberikan selamat dan apresiasi kepada IPDN atas langkah dan upaya IPDN dalam menyikapi peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengacu kepada sistem pembelajaran "Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)" yang merupakan kebijakan Kemendikbudristek.

Ia bersyukur, pendidikan kader pamong praja masih eksis meski mengalami berbagai dinamika perubahan dan perkembangan.

Baca juga : Situasi Memanas, Biden Minta Warga AS Segera Tinggalkan Ukraina

"IPDN tetap menunjukan eksistensinya melalui kegiatan-kegiatan positif selama pandemi baik kegiatan akademik, vaksinasi massal hingga pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi atau bencana alam," beber Tito.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.