Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kongres Kewirausahaan Global Di Arab Saudi

Risma Jelaskan Inovasi Pemberdayaan Kelompok Rentan

Selasa, 29 Maret 2022 15:39 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menjadi pembicara dalam Kongres Kewirausahaan Global (GEC). (Foto: Humas Kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menjadi pembicara dalam Kongres Kewirausahaan Global (GEC). (Foto: Humas Kemensos)

 Sebelumnya 
Tantangan lainnya, adalah respon terhadap korban bencana sejalan dengan berbagai bencana alam yang melanda. Mulai dari gempa bumi, badai, tanah longsor, banjir bandang, dan letusan gunung berapi.

Selain penanganan terhadap korban, Kemensos juga memodifikasi tenda untuk memastikan penanganan pengungsi menjaga kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Baca juga : Bangun Rumah Produksi Di Papua, Risma Hidupkan Ekonomi Mamberamo-Sarmi-Jayapura

"Kemensos memberikan pelatihan kewirausahaan dan modal kerja agar pengungsi tidak jatuh miskin, dan lebih jauh agar mereka bisa menjadi wirausahawan," ucap eks Wali Kota Surabaya ini.

Pemerintah juga meningkatkan kesehatan mental pengungsi, mengganti pendapatan dan aset mereka yang hilang karena bencana.

Baca juga : Airlangga Hartarto: Kewirausahaan Mahasiswa Bantu Indonesia Keluar Pandemi

Sementara bagi pemberdayaan penyandang disabilitas, Kemensos memberikan pekerjaan di balai dan loka. Mereka membuat alat bantu sesuai kebutuhan spesifik dan mendapat upah yang membantu mereka keluar dari garis kemiskinan sesuai standar Bank Dunia sebesar 1,9 dolar AS per hari.

Ia mengatakan, produk buatan mereka, seperti tongkat pintar untuk penyandang disabilitas netra yang dilengkapi dengan GPS dan detektor api/asap bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Baca juga : Rusia Tarik Pasukan Dari Perbatasan Ukraina

Lalu, kursi roda untuk penderita cerebral palsy dan motor roda tiga juga dimodifikasi, disesuaikan dan dikhususkan untuk mengakomodasi kedisabilitasan mereka. "Ini membantu meningkatkan mobilitas dan mengembangkan potensi diri mereka," imbuh Risma.

Sementara bagi tuna wisma, Kemensos menyediakan tempat tinggal di rusunawa mulai tahun 2021. Saat ini, rusunawa itu sudah siap dihuni 200 keluarga di dua BalaiKemensos di Bekasi dan Bambu Apus, Jakarta Timur. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.