Dark/Light Mode

Merdeka Belajar Episode Ke-19

Rapor Pendidikan: Upaya Pemetaan, Pemantik Refleksi, Serta Pembenahan Kualitas Pendidikan

Jumat, 1 April 2022 21:07 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim (atas) saat meluncurkan program Merdeka Belajar Episode Kesembilan Belas: Rapor Pendidikan Indonesia, Jumat (1/4). (Foto: Humas Kemendikbudristek)
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim (atas) saat meluncurkan program Merdeka Belajar Episode Kesembilan Belas: Rapor Pendidikan Indonesia, Jumat (1/4). (Foto: Humas Kemendikbudristek)

 Sebelumnya 
Data-data Rapor Pendidikan membuat pemerintah, Pemda, satuan pendidikan, pendidik, dan orangtua, mengerti masalah riil yang dihadapi anak-anak dalam proses pembelajaran. Sehingga, setiap bagian dari sistem ini bisa merumuskan kebijakan-kebijakan yang lebih fokus dan terarah.

Memasuki akhir diskusi, Nadiem berharap agar perubahan pada kualitas pendidikan dapat dirasakan. Mulai dari pembelajaran di kelas dan pengelolaan satuan pendidikan yang dipicu dari indikator kualitas pembelajaran di Rapor Pendidikan, serta program lainnya, seperti Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.

Baca juga : Merdeka Belajar Episode Ke-18 Hadirkan Dana Indonesiana

"Dengan memanfaatkan data Rapor Pendidikan, maka arah kebijakan pemerintah, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan, semuanya fokus pada perbaikan kualitas layanan pendidikan sehingga lebih selaras," harap Nadiem.

Ditambahkan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, Rapor Pendidikan Indonesia merupakan hasil kolaborasi bersama dengan Kementerian Agama dalam melaksanakan Asesmen Nasional (AN) di madrasah serta Kementerian Dalam Negeri dalam menyelaraskan indikator SPM di bidang pendidikan.

Baca juga : Pemerintah & Swasta Kompak Perkuat Kualitas Pendidikan Sekolah

"Jadi Rapor Pendidikan ini adalah hasil karya bersama dari berbagai pihak. Terima kasih atas kesediaan Mas Menteri meluncurkan inisiatif yang menjadi bagian penting dari upaya kita mewujudkan cita-cita Merdeka Belajar," terang Anindito. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.