Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Platform Merdeka Mengajar

Pemerintah & Swasta Kompak Perkuat Kualitas Pendidikan Sekolah

Rabu, 16 Februari 2022 10:39 WIB
Direktur Kepala Sekolah Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Praptono. (Foto: Istimewa)
Direktur Kepala Sekolah Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Praptono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berupaya  beradaptasi dan mengembangkan pendidikan di era pandemi Covid-19. Salah satu upayanya memaksimalkan Platform Merdeka Mengajar.

Platform Merdeka Mengajar merupakan platform edukasi yang dapat menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila. Intinya dalam Platform Merdeka Mengajar ini ada tiga fungsi, yaitu membantu guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya.

Direktur Kepala Sekolah Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Praptono mengatakan, pelajar Pancasila dipersiapkan sebagai bekal para siswa. Terutama dalam menghadapi situasi dan tantangan era digital yang serba cepat dan dinamis.

"Anak-anak butuh tiga kompetensi fundamental yaitu kompetensi literasi, numerasi dan karakter. Maka sebagai titik acuan pak Menteri sudah tetapkan tujuan dari proses pendidikan yang kita lakukan adalah dalam rangka mewujudkan profil pelajar pancasila yang menampilkan karakter unggul," ujarnya dalam webinar pendidikan yang diselenggarakan Warta Ekonomi dikutip Rabu (16/2).

Adapun enam karakter unggul pelajar pancasila ialah beriman, mandiri, bernalar kritis, berkebinekaan global, bergotong royong, dan kreatif. Namun, lanjut Praptono, untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan sinergi dan kerja sama dari semua pihak. Dia mengapresiasi dan menyambut baik pada pihak-pihak yang peduli di dunia pendidikan.

Baca juga : Gandeng Australia, Kementan Perkuat Kapasitas Laboratorium Kesehatan Hewan Nasional

"Kita membuka kesempatan untuk lembaga-lembaga lain terlibat seperti dalam pembiayaan, bidang kajian, pengembangan modul, pendampingan-pendampingan program ini," tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pejabat Sementara VP CSR & SMEPP PT Pertamina (persero) Dian Hapsari Firasati mengatakan, pendidikan merupakan salah satu fokus program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilakukan Pertamina selama ini.

Menurutnya, Pertamina mempunyai empat program TJSL yaitu Pertamina Hijau, Pertamina Sehat, Pertamina Cerdas dan Pertamina Berdikari. Dalam pelaksanaan empat program ini, pihaknya berpegang pada pilar-pilar tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Dalam program TJSL bidang pendidikan ada program unggulan kami yaitu Sahabat Disabilitas Pertamina, kenapa? karena kami melihat di beberapa wilayah ring satu kami terdapat teman-teman disabilitas yang bisa diberdayakan dan mereka sangat berpotensial," jelasnya.

Senada, Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu fokus perseroan dalam program TJSL. Menurutnya, pendidikan dan SDM merupakan hal paling penting dalam sebuah organisasi, pemerintahan maupun korporasi.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pemerintah Buat Ekosistem Perdagangan Baru

"Kami juga terpanggil meningkatkan pendidikan berkualitas," paparnya.

Dia menjelaskan, program TJSL Petrokimia Gresik di bidang pendidikan ialah Beasiswa Petrokimia Gresik (Bestro) yang sudah dilakukan sejak 10 tahun lalu. Tujuannya mendukung pengembangan SDM warga sekitar untuk menempuh pendidikan tinggi dan saat ini sangat dibutuhkan karena banyak masyarakat yang terdampak pandemi.

TJSL juga mengembangkan Digital Learning Center. Dengan adanya Digital Learning Center, mahasiswa magang, tidak perlu datang ke pabrik untuk melakukan praktik kerja Industri. Mereka bisa mendapatkan pengalaman magang yang riil melalui fasilitas Digital Learning Center Petrokimia Gresik.

"Ini adalah cara memindahkan aktivitas pabrik dari dunia nyata ke dunia maya," katanya.

Untuk bisa lakukan job training terkait kegiatan pabrik harus tau medan. Serta memahami orientasi. Setelah itu masuk pabrik dan seterusnya. "Lewat ini kami ringkas ada virtual reality training yang bisa digunakan siapapun yang melakukan pelatihan di tempat kami," tegasnya.

Baca juga : Diminati Milenial, Pemerintah Perlu Perkuat Pengawasan Crypto Currency

Serupa, GM Corporate Relation PT Wijaya Karya (Persero) Achmad Harris Ary Soekamto menuturkan, pendidikan merupakan amanah di aman dalam UUD 1945 pasal 31 disebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

Untuk itu, program TJSL BUMN diarahkan untuk fokus pada program pendidikan, lingkungan dan UMKM.

"Bagaimana di WIKA sendiri? Kami secara inline mengacu pada 4 pilar. Untuk pendidikan ada wika pintar. pilar berikutnya ada wika sehat, wika peduli dan wika hijau. Wika pintar yang sudah dilaksanakan dalam mningkatkan kualitas pendidikan contohnya pojok baca di seluruh Indonesia. Kemudian kami ada beasiswa tingkat SD, SMP sampai perguruan tinggi. Terkait pandemi, kita berinisiatif adakan program digital school dengan mmberikan internet gratis kepada sekolah-sekolah," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Artha Graha Peduli Heka Hertanto membeberkan upaya artha graha peduli dalam mewujudkan inklusivitas dan kualitas pendidikan di indonesia, dimana untuk mewujudkan itu Artha Graha Peduli mengacu pada lima pilar kepedulian.

"Lima pilar kepedulian itu meliputi komitmen menjaga lingkukan hidup, komitmen selalu siap menghadapi kebencanaan, komitmen untuk peduli pada masalah sosial, komitmen untuk mmbantu masyarakat dalam mengatasi masalah mereka sendiri dan komitmen memperoleh kesetaraan hak dalam hidup," tukasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.