Dark/Light Mode

Kementan Pastikan Stok 12 Bahan Pokok Di NTT Aman

Kamis, 14 April 2022 08:13 WIB
Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah saat memantau stok bahan pokok di NTT, Rabu (13/4). (Foto: Istimewa)
Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah saat memantau stok bahan pokok di NTT, Rabu (13/4). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan yang sama, Normanus Haning, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Rote Ndao NTT menyampaikan, ketersediaan 12 bahan pangan pokok selama Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri dapat terpenuhi dalam jumlah yang cukup.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian karena dengan program-program unggulannya, maka pengembangan pertanian dan peternakan di Kabupaten Rote Ndao dapat berdampak signifikan dalam pemenuhan pangan di wilayah kami," ucapnya.

Ia mengatakan, pasokan sapi di NTT pun juga mencukupi, bahkan selama ini dapat diekspor ke wilayah Jabodetabek. Sebagaimana diketahui, NTT merupakan salah satu sentra produsen ternak sapi di Indonesia yang selama ini banyak mengirimkan sapi-sapinya untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat di wilayah Jabodetabek.

Baca juga : Kerja Sama Dengan Pemkot Singkawang, PLN Olah Sampah Untuk Bahan Bakar PLTU

"Untuk daging ayam dan telur saat ini ketersediaan mencukupi, namun ada rencana untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang kami akan memasukkan dari Provinsi Jatim dan Bali," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pedagang sembako di Pasar Naikoten I NTT yang bernama Romli mengatakan, saat ini ketersediaan stok beras aman, tidak sulit didapatkan. "Alhamdulillah untuk beras disini stoknya terpenuhi," ungkapnya.

Senada dengan Romli, Ibu Asiat penjual daging ayam mengatakan, ketersediaan daging ayam mencukupi selama bulan Ramadhan ini.

Baca juga : Mentan: Tenang, Stok Beras 2022 Aman!

"Alhamdulillah konsumen selalu ada yang berdatangan untuk membeli daging ayam. Sampai saat ini stock banyak dan pasokan daging ayam lancar, sehingga kami merasa tenang dapat berjualan di bulan Ramadhan ini, dan semoga permintaan konsumen semakin bertambah jelang Hari Raya Idul Fitri nanti" imbuhnya.

Demikian pula Apler, seorang peternak ayam potong di Kupang juga mengungkapkan, stok ada dan lancar selama bulan puasa ini, dan untuk persiapan lebaran juga dipastikan ketersediaan ada.

Pedagang telur yang bernama Remi juga mengatakan, untuk jumlah telur yang dijualnya tidak mengalami kendala karena barang selalu tersedia dan pasokannya lancar.

Baca juga : LPS Ingatkan Perbankan Transparan Soal Produk Yang Dijualnya

"Selama bulan Ramadan dan jelang hari Raya Idul Fitri, telur-telur yang kami jual tidak mengalami kendala. Stoknya aman terkendali selalu tersedia, sehingga masyarakat mau beli berapun ada," ucapnya.

Selanjutnya, Sinta, salah satu distributor kedelai menyampaikan, ketersediaan kedelai aman dan stok digudang ada 80 ton dan akan terus masuk sebelum habis stoknya.

"Kedelai cukup tersedia untuk bahan baku tahu tempe dan pasokannya juga lancar. Kita pastikan tidak akan ada kekurangan selama Ramadan ini," pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.