Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cek Bansos Di Medan, Muhadjir: Jangan Ada Oknum Ambil Hak Rakyat Kecil

Sabtu, 16 April 2022 18:13 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau penyaluran bansos di Kantor Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (16/4). (Foto: Dok. Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau penyaluran bansos di Kantor Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (16/4). (Foto: Dok. Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Pemerintah semakin menggencarkan distribusi bantuan sosial (bansos).

Berdasarkan arahan Presiden Jokowi, khusus hari Lebaran, penyaluran bansos berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng langsung dirapel sekaligus tiga bulan dari April-Mei yang dibayarkan pada bulan April.

Masing-masing bansos yang dipercepat penyalurannya yakni BPNT senilai Rp 600 ribu atau Rp 200 ribu per bulan, dan BLT Minyak Goreng senilai RP 300 ribu atau Rp 100 ribu per bulan. Penyaluran ini dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Baca juga : Letakkan Batu Pertama, Sukur: Jadikan Kantor PDIP Mesuji Sebagai Rumah Rakyat

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa alasan percepatan distribusi bansos sekaligus tiga bulan adalah untuk menunjang daya perekonomian masyarakat menjelang hari raya.

"Untuk tiga bulan ke depan diberikan di bulan April sekaligus. Sehingga mereka yang mengalami kejutan inflasi tidak mengalami konstraksi yang berlebihan. Karena itu ini segera kita bantu terutama untuk menyambut Idul Fitri," ujar Muhadjir saat meninjau penyaluran bansos di Kantor Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (16/4).

Saat mengecek penyaluran bansos itu, Muhadjir didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Baca juga : Cek Penyaluran Bansos Di Pekanbaru, Muhadjir: Jangan Persulit Orang Susah!

Muhadjir menyempatkan berinteraksi dengan warga yang mengantre untuk menerima bansos. Beberapa warga menerangkan mereka sudah terdaftar dalam skema bansos PKH, BPNT, dan BLT Minyak Goreng.

Ia menyebut, penyaluran bansos di Kecamatan Medan Belawan sudah berjalan dengan baik.

"Tadi saya sudah cek di sini penyalurannya sudah bagus. PT Pos juga sudah bekerja dengan baik," ujarnya.

Baca juga : Cek Kesiapan Pertemuan GPDRR, Muhadjir Gelar Rakor Di Bali

Lebih lanjut, Muhadjir meminta agar percepatan penyaluran bansos ini tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu yang mengambil keuntungan sepihak. Misalnya mengklaim bahwa dia yang mengusahakan turunnya bansos kemudian minta bagian dari yang diterima warga.

"Ini adalah untuk mereka yang tidak mampu. Jangan mencoba untuk mengambil hak mereka yang tidak mampu. Karena itu sangat tidak dibenarkan oleh ajaran agama maupun peraturan undang-undang," ujarnya.

Ia berharap, penyaluran bansos berjalan lancar dan bisa selesai sebelum masa libur hari Lebaran. "Kalau ini bisa dilakukan, maka apa yang menjadi target dari pemerintah akan terpenuhi," pungkas Muhadjir. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.