Dark/Light Mode

Tujuan Jatim-Jateng, Daftar Mudik Gratis Tahap II Kemenhub Dibuka 18 April 2022

Sabtu, 16 April 2022 21:02 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  dan Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo(kanan), menyapa calon penumpang kereta Api yang sedang menunggu jadwal keberangkatan, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (7/4/2022), saat meninjau persiapan Stasiun menyambut musim mudik Lebaran 1443 H. (Foto Tedy Kroen/RM)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo(kanan), menyapa calon penumpang kereta Api yang sedang menunggu jadwal keberangkatan, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (7/4/2022), saat meninjau persiapan Stasiun menyambut musim mudik Lebaran 1443 H. (Foto Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Menurut dia, semua pihak yang diajak berkomunikasi itu sudah siap dengan skema masing-masing untuk menjalankan amanat Presiden RI Joko Widodo. Sekaligus melaksanakan target dari angkutan Lebaran 2022.

"Yang pertama adalah keselamatan dari masyarakat kita terkait penanganan pandemi Covid-19. Jadi walaupun mungkin kita banyak yang akan berjalan, kita harapkan penggunaan masker, kemudian booster (vaksin penguat, red.), itu sudah harus kita laksanakan," katanya.

Baca juga : Syarat Mudik Lebaran Gratis Dishub Pemkot Tangerang 2022

Dirjen mengatakan nantinya di beberapa terminal atau simpul transportasi lainnya akan disiapkan pelayanan kesehatan, vaksinasi, dan layanan tes antigen.

Sementara target kedua, kata dia, menyangkut masalah keselamatan dari aspek kecelakaan lalu lintas.

Baca juga : Angkutan Barang KAI Naik 14,4 Persen Di Triwulan 1 2022

"Kita meminimalisasi dan kita harapkan tidak terjadi (kecelakaan lalu lintas). Mudah-mudahan bisa zero accident selama angkutan lebaran," katanya didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Banyumas Komisaris Polisi Arie Prayitno.

Menurut dia, hal itu juga sejalan dengan misi Kepolisian untuk bersama-sama mencegah terjadinya kecelakaan sepeda motor maupun mobil. Ram check (inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum secara rutin, red.) yang dilakukan untuk memastikan dan meyakinkan bahwa kendaraan itu sudah menjalani pengecekan serta pengujian yang menyangkut aspek keselamatan.

Baca juga : Jangan Naik Motor, Ikutan Mudik Gratis Kemenhub Aja Yuk

"Kemudian target ketiga adalah kelancaran juga kenyamanan masyarakat yang melakukan mudik. Jadi, kami harapkan selama di jalan, kan kami dengan Korlantas Polri kemarin sudah menandatangani surat keputusan bersama, nanti kami akan melakukan skema one way, kemudian ganjil genap, kemudian contraflow akan kami laksanakan di jalan tol dari Jakarta, KM 47 sampai dengan KM 414 di Kalikangkung, Semarang," kata Dirjen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.