Dark/Light Mode

Dukung Layanan Transportasi Ajang MotoGP, Ditjen Hubdat Kemenhub Gelontorkan Rp 21,2 M

Rabu, 16 Februari 2022 20:14 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. (Foto:  Ist)
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelontorkan anggaran Rp 21,2 miliar untuk mendukung layanan transportasi selama gelaran MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret mendatang.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menuturkan, anggaran tersebut antara lain digunakan untuk penyediaan shuttle bus dengan alokasi anggaran Rp 5,4 miliar.

Berdasarkan perhitungan, dibutuhkan 188 unit shuttle bus ukuran medium yang melayani tujuh rute untuk sekitar 63 ribu penonton dalam area Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Baca juga : Menkominfo Dorong Konsolidasi Tata Kelola SKKL

Kemudian, kata Budi, untuk layanan bus antar moda dengan anggaran Rp 8,8 miliar. Kebutuhannya mencapai 278 bus untuk pelayanan antar moda pada enam rute ke pusat kota (eks Bandara Selaparang) dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit.

Seperti, Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan dan Bandara Bizam. Kemudian, untuk halte bus sebanyak empat unit dengan alokasi anggaran Rp 1,5 miliar.

"Banyak penonton tidak hanya yang berasal dari Lombok saja, tetapi juga dari luar. Untuk itu, semua pergerakan penonton dari simpul transportasi, termasuk di dalam kawasan dari mulai beberapa lokasi pintu gerbangnya akan menggunakan bus angkutan umum,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (16/2).

Baca juga : BKS Ngarep Banget Dikasih Tambahan Anggaran Rp 582 M

Budi menambahkan, anggaran sebesar Rp 5,4 miliar juga dialokasikan untuk penerangan jalan umum di jalan Provinsi Kuta-Kruak dan Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) di KEK Mandalika.

"Kita juga menyiapkan konsep dan skema manajemen rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi lonjakan penonton di setiap simpul transportasi maupun di pergerakan di dalam area kawasan sirkuit," beber Budi. 

Sementara itu, untuk transportasi laut, empat pelabuhan telah disiapkan untuk melayani penonton MotoGP. Untuk rute Surabaya-Lembar di NTB disiapkan dua unit kapal RoRo PT DLN dan satu unit kapal RoRo PT Dharma Lautan Utama.

Baca juga : Dukung Penyedia Layanan Internet, TP-Link Luncurkan Aginet

Rute Surabaya-Lembar-Waingapu disipakan satu unit kapal RoRo PT Pelni, rute Benoa - Lembar-Bima disiapkan satu unit kapal penumpang PT. Pelni, dan Tanjung Wangi-Lembar disiapkan tiga unit kapal RoRo PT Antosim Lampung Pelayaran.

Untuk penerbangan, Kemenhub menyiapkan delapan rute penerbangan selama ajang MotoGP. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, terdapat delapan rute penerbangan domestik yang menghubungkan penerbangan secara langsung ke Lombok.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.