Dark/Light Mode

Cakupan Vaksinasi Covid-19 Sudah Capai 400,5 Juta Dosis

Kamis, 28 April 2022 15:19 WIB
Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi (Foto: Setpres)
Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cata cakupan vaksinasi Covid-19 menunjukkan data yang menggembirakan. Dalam data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), hingga Rabu (27/4), total cakupan vaksinasi sudah mencapai 400,5 juta suntikan dari target 450 juta.

Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, ini merupakan pencapaian yang besar. Capaian ini diraih berkat dukungan dari seluruh masyarakat.

Baca juga : Cegah Penularan Covid-19 Saat Mudik, Ini 5 Tips Dari Prof Tjandra

Secara rinci, cakupan dosis 1 mencapai 199 juta (95,63 persen). Cakupan dosis 2 mencapai 164,5 juta (79 persen), dan cakupan vaksin dosis 3 mencapai 36,8 juta (17,68 persen).

Golongan lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun merupakan prioritas Lemerintah untuk divaksinasi. Sebab, lansia merupakan kelompok yang paling rentan terpapar dan paling tinggi risiko kematian dan kesakitan akibat Covid-19.

Baca juga : Jangan Lupa Pakai Masker Medis

Saat ini, cakupan vaksinasi lansia dosis pertama mencapai 17,5 juta (81,66 persen), dosis kedua 13,9 juta (64,74 persen), dan dosis ketiga mencapai 3,7 juta (17,22 persen).

Percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 menjadi penting untuk mencegah penularan terutama pada lansia. Karenanya, masyarakat diminta membantu para lansia untuk segera mendapatkan vaksinasi.

Baca juga : Airlangga Prediksi Pemudik Bisa Capai 80 Juta Orang

Sejumlah strategi yang sudah dilakukan untuk mengakselerasi vaksinasi lansia adalah dengan terus membuka sentra-sentra vaksinasi di seluruh Indonesia. Sentra vaksinasi itu dapat memudahkan lansia mendapatkan vaksinasi di tempat tinggal yang terdekat. 

Nadia meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk vaksinasi Covid-19 jika sudah memiliki jadwalnya. “Silakan datang ke seluruh pos pelayanan vaksinasi atau sentra pelayanan vaksinasi. Kami mengimbau bagi keluarga yang memiliki anggota keluarganya yang belum mendapatkan vaksinasi untuk segera divaksinasi,” kata Nadia, seperti dikutip di laman Kemenkes, Kamis (28/4). [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.