Dark/Light Mode

Dukung Vaksinasi Booster Covid-19

Yayasan UID-YIUS-Gajah Tunggal Sumbang Alkes kepada Kabupaten Kotabaru Kalsel

Jumat, 25 Maret 2022 22:27 WIB
Ketua YIUS Faldo Maldini menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada Kepala Dinkes Kabupaten Kotabaru, Suprapti Tri Astuti, Jumat (25/3). (Foto: Istimewa)
Ketua YIUS Faldo Maldini menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada Kepala Dinkes Kabupaten Kotabaru, Suprapti Tri Astuti, Jumat (25/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Upaya Indonesia Damai atau United in Diversity (UID) bersama Yayasan Indonesia Untuk Semua (YIUS) menyumbang alat kesehatan untuk vaksinasi kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan pada Jumat (25/3).

Sumbangan tersebut diserahkan Ketua YIUS Faldo Maldini kepada Kepala Dinkes Kabupaten Kotabaru, Suprapti Tri Astuti,  di kantor Pemda Kabupaten Kotabaru di Kotabaru Hilir, Pulau Laut Utara.

Faldo Maldini mengapresiasi, Dinkes Kotabaru dan jajaran Puskemas yang sangat bersemangat dan gigih mendukung program sentra vaksinasi UID-YIUS di kabupaten ini. Ada lebih dari 60 sentra vaksinasi yang melayani  21 kecamatan dan melibatkan 28 Puskesmas. Selain itu, ada juga vaksinasi keliling yang mendatangi rumah warga.

Baca juga : IPDN Gelar Vaksinasi Booster Di 4 Lokasi Kabupaten Batang

Ketua UID, Tantowi Yahya menyampaikan, apresiasi atas semangat kebersamaan dan gotong royong antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Khususnya Kabupaten Kotabaru dengan UID, YIUS dan kelompok perusahaan Gajah Tunggal dalam misi kemanusiaan mengatasi pandemi Covid-19.

Semangat ini lebih memberi makna. Mengingat kondisi geografis Kabupaten Kotabaru yang begitu menantang. Tantowi Yahya mengingatkan, pesan Presiden Jokowi yang menekankan kerja keras dan gotong royong semua elemen bangsa sebagai modal utama dalam keberhasilan melewati puncak keganasan penyebaran Covid-19.

Program vaksinasi massal di kabupaten Kotabaru yang didukung oleh Gajah Tunggal serta PT Pelsart Tambang Kencana dan PT Indo Muro Kencana ini diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor pada 5 November 2021 dan berakhir pada 25 Februari 2022. Pencapaiannya lebih dari 40.000 akseptor, untuk dosis-1, dosis-2 dan dosis penguat/booster.

Baca juga : Danone SN Gelar Vaksinasi Booster Untuk Karyawan Di Yogya Dan Prambanan

Josef Francisco, dari PT Pelsart Tambang Kencana, yang mewakili perusahaan sponsor lainnya merasa senang bisa menyalurkan bantuan penanggulangan Covid-19 dari kelompok perusahaan Gajah Tunggal melalui UID dan YIUS untuk vaksinasi massal di Kabupaten Kotabaru. Bagi PT Pelsart Tambang Kencana (PTK) sendiri ini merupakan sumbangannya yang ke-2 kepada Kabupaten Kotabaru setelah sebelumnya di bulan Oktober 2021 secara langsung menyumbang uang Rp 500 juta ditambah masker, handsanitizer.

PTK juga telah memberikan bantuan yang sama kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

"Sumbangan tersebut kiranya bisa ikut mendorong percepatan dan pemerataan cakupan vaksinasi demi pencapaian target persentase yang dipersyaratkan bagi terbentuknya herd immunity," ujar Josef Francisco.

Baca juga : Warga +62 Semakin Kebal

Kegiatan vaksinasi massal di Kalimantan Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Kotabaru ini merupakan bagian dari penyelenggaraan sentra vaksinasi UID-YIUS di Pulau Kalimantan dan berjalan paralel dengan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Program sentra vaksinasi UID-YIUS yang didukung Gajah Tunggal dan kelompok perusahaannya secara luas berlangsung sejak awal September 2021, yang ditujukan ke berbagai kabupaten/kota di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan.

Kegiatan yang berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah setempat, Dinas Kesehatan, serta instansi TNI- Polri ini telah berakhir dengan pencapaian lebih dari 580.000 akseptor, meliputi vaksinasi dosis-1 dan dosis-2 mau pun booster. (MRA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.