Dark/Light Mode

Balitjestro Sukses Kembangkan Jeruk Bebas Penyakit

Selasa, 2 Juli 2019 00:17 WIB
Jeruk hasil pengembangan Balitjestro (Foto: Humas Kementan)
Jeruk hasil pengembangan Balitjestro (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Varietas jeruk di Indonesia cukup besar dan memiliki keragaman yang tersebar di berbagai daerah. Kekayaan Sumber Daya Genetik (SDG) ini telah tersimpan dan dikelola Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan),  Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro).

"Balitbangtan memiliki koleksi SDG jeruk yang cukup besar serta menghasilkan benih pokok BPMT jeruk bebas penyakit yang dikelola Balitjestro dan tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia,” jelas Fadjry Djufry, Kepala Balitbangtan, di sela kunjungannya, di Balitjestro, Jumat (28/6). 

Baca juga : BUMN Dapat Akses Proyek Pembangunan di Irak dan Suriah

Peneliti Balitjestro, Chaireni Mertasari, menjelaskan, saat ini terdapat 254 aksesi jeruk dari berbagai jenis dikoleksi di Balitjestro yang dipelihara dan dikelola di Kebun Percobaan Punten. Jenis tersebut di antaranya Citrus sinensis Osbeck (jeruk manis), Citrus reticulata Blanco (jeruk keprok), Citrus maxima Merr (jeruk besar), Citrus limon (jeruk Lemon), Citrus aurantifolia (jeruk nipis), Citrus medica (sitrun), dan Citrus paradisi (grape fruit). 

Koleksi jeruk ini dikelola dan dipelihara secara rutin dalam rumah kasa insect proof, sehingga terlindung dari serangga penyebab penyakit. “Khususnya Huanglongbing atau lebih dikenal dengan CVPD,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/7).

Baca juga : Menhub : Pembangunan Pelabuhan Patimban Berjalan Sesuai Rencana

Lebih lanjut dia menyampaikan, varietas jeruk yang banyak berkembang di Indonesia merupakan jenis common mandarin (Citrus reticulata Blanco). Beberapa varietas lokal Indonesia yang masuk dalam kelompok ini adalah Keprok dan Siam. Jenis domestik yang telah dikembangkan di antaranya Keprok Soe, Keprok Batu 55, dan Siam Madu, Keprok Brasitepu, dan Keprok Garut,Keprok Gayo, dan Siam Pontianak.

Varietas jeruk ini sendiri akan terus bertambah seiring dengan hasil eksplorasi dari berbagai daerah dan dari pemuliaan maupun persilangan yang dilakukan peneliti. Beberapa varietas hasil pemuliaan baik persilangan maupun mutasi diantaranya, Keprok SoE 86 Agrihorti, Pamelo MTR 19, Pamindo Agrihorti dan beberapa varietas lain yang sedang dalam proses pendaftaran. [KAL]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.