Dark/Light Mode

Maknai Hardiknas, Kaum Muda Antusias Dengan Merdeka Belajar

Jumat, 13 Mei 2022 18:40 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbudristek)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbudristek)

 Sebelumnya 
"Tetap semangat dan jangan terlena oleh kenyamanan yang ditawarkan perkuliahan jarak jauh (PJJ), karena itu hanya ideal dilakukan dalam kondisi darurat. Kalau kita bandingkan, secara objektif sebenarnya perkuliahan tatap muka jauh lebih efektif karena sering kali ada pembelajaran yang sulit disampaikan secara daring (online)," ungkap mahasiswa Universitas Indonesia (UI) ini.

Sedangkan Gandy Des Ardy yang juga perwakilan GBN dari Provinsi DKI Jakarta berharap melalui Merdeka Belajar, pendidikan di Indonesia semakin inklusif di masa yang akan datang.

Baca juga : Maybank Indonesia Hadirkan Solusi Untuk Wujudkan Properti Idaman

Ia berharap, kemajuan pendidikan tak hanya dirasakan oleh masyarakat yang berada di kota-kota besar saja, tetapi juga terasa oleh masyarakat di daerah terpencil.

"Belajar adalah kewajiban bagi generasi penerus bangsa. Masih butuh proses untuk memeratakan pendidikan di Indonesia dan butuh kesadaran semua pihak karena tidak mungkin pemerintah bergerak sendiri memajukan pendidikan. Mari bersama dorong dan dukung Merdeka Belajar," ucap pemilik suara tenor ini.

Baca juga : Arus Balik Lebaran, ASDP Mudahkan Penumpang Dengan Aplikasi Ferizy

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dalam pidatonya mengatakan, perubahan positif yang selama ini diusung bersama di bawah "kapal besar" kebijakan Merdeka Belajar tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia.

Tetapi, sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia dalam konferensi tingkat tinggi Group of Twenty (G20).

Baca juga : Tak Hadir Hari Ini, Andi Arief Janji Penuhi Panggilan KPK Besok

"Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia," ungkap Nadiem. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.