Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Semangat Belajar Santri

BP2P Jawa 1 Serahterimakan Rusun Ponpes Bai Mahdi Soleh Ma`mun Banten

Selasa, 17 Mei 2022 12:50 WIB
Serah terima Rusun Ponpes Al-Qur`an Bai Mahdi Soleh Ma`mun Banten. (Foto: BP2P Jawa 1)
Serah terima Rusun Ponpes Al-Qur`an Bai Mahdi Soleh Ma`mun Banten. (Foto: BP2P Jawa 1)

RM.id  Rakyat Merdeka - Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR dan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan (Satker PP) Provinsi Banten telah menyelesaikan pembangunan Rumah Susun (Rusun) Modern Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Qur'an Bai Mahdi Soleh Ma’mun, yang terletak di Kabupaten Serang, Banten. 

Rusun Ponpes Modern tersebut diperuntukkan bagi santri/santriwati Ponpes Al-Qur'an Bai Mahdi Soleh Ma’mun Tahun Ajaran 2021. Rusun ini dibangun satu tower 2 lantai dengan spesifikasi 4 unit barak; tipe barak super mini yang mampu menampung sebanyak 56 santri/santriwati.

Rusun modern ini berhasil diselesaikan pada Maret lalu dan langsung dilakukan serah terima kunci oleh Kepala BP2P Jawa 1 Firsta Ismet, Kepala Satker PP Banten Haryo Wacono, dan PPK Rusun dan Rumah Khusus Banten kepada perwakilan ponpes, yakni Pembina Yayasan Bai Mahdi Soleh Ma’mun Yandri Susanto, dan Ketua Ponpes Al-Qur'an Bai Mahdi Soleh Ma’mun, Ratu Rachmatuzakiyah.

Baca juga : Waspada Kenaikan Kasus Dua Minggu Usai Lebaran

Rusun tersebut telah dilengkapi dengan mebel berupa tempat tidur, lemari, dan meja belajar, sehingga dapat menjadi tempat tinggal, serta mendorong semangat para santri untuk belajar dengan baik. "Untuk menambah kenyamanan para santri selama tinggal di Rusun Kementerian PUPR juga telah melengkapi bangunan rusun dengan berbagai fasilitas, seperti air bersih, instalasi listrik, dan sarana prasarana sanitasi," kata Firsta Ismet, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (17/5).

Harapannya, lanjut dia, rusun modern mampu menambah semangat santriwati untuk bisa belajar dengan konsentrasi tinggi dan tenang sekaligus menjadi tempat beristirahat yang nyaman. "Terlebih lagi santri/santriwati merupakan salah satu bagian dari generasi penerus bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan, moderat dan toleran," imbuh Firsta.

Dia menambahkan, pembangunan rusun bagi santri di ponpes juga menjadi bentuk perhatian dan keseriusan pemerintah dalam penyediaan rumah dan penataan kawasan lingkungan pendidikan. Inovasi pembangunan hunian vertikal atau rusun menjadi solusi bagi pondok pesantren yang memiliki keterbatasan lahan.

Baca juga : Bamsoet Minta Anak Yatim Doakan Agar Indonesia Segera Bangkit

"Pembangunan rusun ini sekaligus menjadi sarana pemberdayaan masyarakat. Sebab, pembangunanannya melibatkan masyarakat sekitar," terangnya.

Selain itu, dibangunnya rusun ponpes menjadi salah satu cara agar generasi muda Indonesia terbiasa hidup di hunian vertikal. Tinggal di rusun diperlukan sikap toleransi antar sesama penghuni untuk menjaga suasana tetap tertib.

"Pembangunan Rusun bagi lembaga pendidikan berasrama seperti pondok pesantren bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup para santri sehingga dapat menciptakan SDM Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing," tutup Firsta.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.