Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tak Mau Pake Pendekatan Senjata

Ke Teroris Papua Merdeka, Mahfud Masih Main Halus

Minggu, 13 Juni 2021 07:20 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD menerima Pimpinan dan Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) di kantornya, Jumat, (11/6/2021). (Foto: Humas Polhukam RI)
Menko Polhukam Mahfud MD menerima Pimpinan dan Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) di kantornya, Jumat, (11/6/2021). (Foto: Humas Polhukam RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Polhukam Mahfud MD memastikan penindakatan terhadap para teroris Papua tak mau pake pendekatan senjata. Pemerintah masih menggunakan pendekatan persuasif pada para teroris Papua yang selama ini sudah banyak bikin keonaran. Pak Mahfud baik banget ya...

Pernyataan Mahfud ini disampaikan saat dirinya menerima perwakilan Majelis Rakyat Papua (MRP) di kantornya, Jumat (11/6), kemarin. Tapi, materi yang dia obrolkan itu baru disebarkan lewat rilis resminya, kemarin.

MRP merupakan wadah yang disediakan undang-undang untuk orang asli Papua menyuarakan persoalannya. Kedatangan MRP ke kantor Mahfud untuk membahas soal revisi Undang-Undang Nomor 21/2001 tentang Otonomi Khusus Papua atau Otsus Papua.

Baca juga : Teroris Papua Jangan Dikasih Ampun

“Kami saling menjelaskan dan bertukar pikiran, dan saya menjelaskan kebijakan pemerintah pusat di Papua,” kata Mahfud.

Mahfud lantas mengutip pesan Presiden Jokowi dalam menangani persoalan yang terjadi Papua. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu menegaskan, Jokowi ingin penyelesaian Papua lebih mengedepankan dialog. “Prinsipnya, sesuai arahan presiden, menyelesaikan persoalan di Papua jangan dengan senjata dan letusan, tapi dengan dialog demi kesejahteraan,” jelas Mahfud.

Seperti diketahui, hingga kini, para teroris Papua, baik yang masuk kategori kriminal atau kelompok separatis yang ingin Papua merdeka, masih terus berbuat onar. Sudah banyak, baik sipil maupun dari kalangan TNI-Polri yang jadi korban kebiadaban para teroris Papua tersebut.

Baca juga : Urusan Mahfud Sangat Njelimet

Awal Juni kemarin, para teroris ini kembali bikin ulah dan membuat situasi di wilayah Ilaga, mencekam. Mereka membunuh warga sipil yang tak berdosa. Kepala kampung dan dua orang keluarganya tewas ditembak. Hal ini diketahui saat aparat melakukan penyisiran dan olah tempat kejadian perkara (TKP) pembakaran sejumlah fasilitas di Bandara Aminggaru Ilaga.

Tepatkan keputusan Mahfud yang membuka dialog dengan teroris Papua?

Anggota Komisi I DPR, Bobby Rizaldi mengaku sepakat dengan sikap Mahfud yang mengedepankan kesejahteraan dalam mengatasi teroris Papua. “Supaya tujuan-tujuan pelaksanaan kesejahteraan ini tercapai, perlu kondisi keamanan yang kondusif,” imbuh Bobby kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.