Dark/Light Mode

Masa Transisi Sukses Jika Covid Landai Enam Bulan

Senin, 23 Mei 2022 07:40 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi. (Foto: Istimewa)
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Masa sekarang bukan berarti kita sudah betul-betul lepas dari pandemi, karena bisa saja ada ancaman varian baru. Mohon bantuan dari teman-teman relawan untuk tetap menjaga kinerja kita yang sudah sangat baik ini,” pesannya.

Sonny mengingatkan, landainya kasus di Indonesia bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Oktober tahun lalu, kasus Covid-19 di Tanah Air sempat landai hingga 3 bulan. “Tetapi di Februari dan Maret kasus terus meningkat,” ingat Sonny.

Baca juga : Calhaj Yang Sudah 2x Vaksin Covid Ternyata Baru 76 Persen, Sisanya Terancam Batal Berangkat

Berkaca dari pengalaman tersebut, Sonny meminta masyarakat tetap waspada. Perang melawan pandemi Covid-19 belum selesai.

Ibarat bulutangkis, butuh usaha lebih keras untuk mempertahankan piala Thomas, daripada mendapatkannya.

Baca juga : Maman Cs Kudu Tes Fisik Sebelum Mulai Latihan

Sonny menjelaskan, kewenangan mengakhiri status pandemi ada di tangan World Health Organization (WHO). Badan Kesehatan Dunia itu sudah menyampaikan bahwa dunia diprediksi akan melewati masa kritis Covid-19 pada Juli 2022.

“Tapi kalau sampai terjadi outbreak lagi, sampai terjadi ledakan kasus lagi pada Juli 2022, dampaknya adalah pandemi belum bisa dinyatakan selesai,” tegas Sonny. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.