Dark/Light Mode

Jokowi Tinjau Infrastruktur Pendukung Pariwisata di Sulut

Kamis, 4 Juli 2019 13:45 WIB
Presiden Jokowi disambut Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat tiba di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Kamis (4/7) siang, untuk kunjungan selama 2 hari. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi disambut Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat tiba di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Kamis (4/7) siang, untuk kunjungan selama 2 hari. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana bertolak menuju Sulawesi Utara (Sulut), melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Kamis (4/7) pagi.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam siaran persnya, salah satu agenda utama kunjungan dua hari Jokowi ke Sulut adalah meninjau infrastruktur yang menjadi pendukung pariwisata di provinsi tersebut.

Baca juga : Jokowi Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur

Dikutip dari siaran pers Kementerian Pariwisata, Sulut dinobatkan sebagai The Rising Star dalam sektor pariwisata Indonesia, karena mampu mendorong pertumbuhan kinerja pariwisata hingga 600 persen dalam empat tahun terakhir.

Tahun 2015,  jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulut, terutama Manado dan Bitung tercatat 20 ribu orang. Tahun 2016, meningkat menjadi 40 ribu atau dua kali lipat. Selanjutnya, pada 2017, naik menjadi 80 ribu. Tahun 2018, meningkat lagi menjadi 120 ribu.

Baca juga : BTN Optimis Harga Properti Bakal Naik

“Dalam empat tahun, kunjungan wisman ke Sulut meningkat enam kali lipat. Begitu juga pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) dari sekitar 2 juta menjadi 4 juta, atau 2 kali lipat, 200 persen. Daerah lain hanya sekitar 5 sampai 10 persen,” kata Arief Yahya dalam siaran pers tersebut.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado, pukul 11.40 WITA, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan pejabat setempat.

Baca juga : Basuki: Kesiapan Infrastruktur Mudik Tahun Ini Lebih Baik

Selain meninjau rencana perluasan Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado dan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Jokowi juga dijadwalkan menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Kota Manado.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil turut serta dalam rombongan tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.