Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jurus Pemerintah Lawan Covid Nyaris Sempurna

Rabu, 25 Mei 2022 07:40 WIB
Ahli epidemiologi Pandu Riono. (Foto: Istimewa)
Ahli epidemiologi Pandu Riono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Strategi Pemerintah melawan pandemi Covid-19 sudah nyaris sempurna. Ahli epidemiologi Pandu Riono bersyukur, Indonesia memiliki Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang tidak berlatar belakang dokter.

Menurutnya, sosok Menkes seperti inilah yang dibutuhkan negara saat menghadapi krisis akibat pandemi. Kebijakan yang dibuat murni untuk publik, sehingga jurus melawan Covid bertahap bisa diatasi.

Berita Terkait : Pesut Etam Cari Lawan Ke Yogyakarta

“Kita beruntung punya Menteri Kesehatan. Meski bukan dokter, tetapi leadership-nya baik. Saya pikir tidak harus dokter, karena kalau dokter khawatir nanti ada kekacauan karena bisa tidak jernih melihat masalah pandemi,” ujar Pandu dalam Forum Dialog Nusantara (FDN) yang digelar virtual, kemarin.

Menurutnya, saat awal pandemi, penanganan Covid-19 di Tanah Air salah total. Saat itu, Menkes masih diduduki oleh yang berlatar belakang dokter, yakni Terawan Agus Putranto.

Berita Terkait : Menperin: Fahmi Idris Sosok Paripurna

Dia bilang, Terawan saat itu dianggap tidak memahami tentang pembatasan sosial berskala besar. Padahal, regulasi dan dokumen untuk menyiapkan wabah dan pandemi sudah ada, Undang-Undang Kekarantinaan, tapi tidak digunakan dan tidak ada yang siap.

Akibat penanganan di awal yang keliru, dampaknya jadi fatal. Angka kematian meroket.

Berita Terkait : Doni Monardo: Pak Yuri Pahlawan Covid, Kita Semua Kehilangan...

Kondisinya sangat berbeda dengan sekarang. Strategi yang dilakukan Pemerintah dalam menanggulangi pandemi sudah ada perbaikan. Mulai dari kebijakan wajib masker, hingga program vaksinasi.

Indonesia, kata Pandu, lebih unggul dari negara-negara lain dalam penanganan Covid. Contohnya, China yang saat ini menggunakan konsep Zero Covid.
 Selanjutnya