Dark/Light Mode

Kementan Dorong Pembangunan Kampung Hortikultura Di Daerah Rawan Bencana Bukit Klangon

Jumat, 3 Juni 2022 17:08 WIB
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat kunjungi kampung hortikultura di Bukit Klangon, Yogyakarta, Rabu (1/6)/Ist
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat kunjungi kampung hortikultura di Bukit Klangon, Yogyakarta, Rabu (1/6)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Merapi sebagai salah satu gunung api paling aktif di dunia ternyata menyimpan potensi pertanian yang luar biasa. Seperti Bukit Klangon di lereng Gunung Merapi, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, memiliki potensi stroberi, bawang, cabe dan anggrek yang besar, termasuk untuk pascapanen dan pengolahan hasilnya.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura memaksimalkan pemanfaatan potensi ini dengan pembangunan Kampung Hortikultura di Bukit Klangon. 

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto turut merasakan potensi dan semangat luar biasa dari masyarakat Bukit Klangon ini.

Baca juga : Penjual Hewan Kurban Wajib Kantongi Izin

“Saya lihat potensinya sangat luar biasa. Banyak sekali yang bisa kita kerjakan di sini, khususnya untuk komoditas hortikultura. Sesuai dengan arahan Bapak Menteri Pertanian, kita harus betul-betul memperhatikan daerah bekas bencana. Saya ingin melihat dan konsepkan langsung akan dikembangkan seperti apa, agar betul-betul berhasil memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujar Prihasto saat mengunjungi Bukit Klangon, Rabu (1/6).

Dalam kunjungan kerja ini, Direktorat Jenderal Hortikultura memberikan bantuan untuk pembangunan dan pengembangan Kampung Hortikultura, termasuk di dalamnya UMKM Hortikultura. 

Salah satu penerima bantuan, Samini dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Sarana Rejeki menyatakan, rasa syukur dan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan.

Baca juga : Mentan Mendukung Pengaman Pasokan Bahan Baku Pupuk NPK

“Budidaya stroberi ini sangat membantu sekali bagi kami, apalagi di masa pandemi kemarin. Hasilnya bisa menambah pendapatan keluarga kami. Yang berbudidaya stroberi juga tidak hanya keluarga muda, tetapi juga lansia. Jadi, bantuan ini memberdayakan keluarga lansia,” ucap Samini, senang.

Wakil Bupati Kabupaten Sleman Danang Maharsa sangat antusias atas perhatian yang ditunjukkan oleh Kementan melalui pemberian bantuan ini. 

Danang berharap, setelah dikunjungi dan diberikan bantuan, petani dapat memiliki semangat lagi untuk lanjut bertani.

Baca juga : Mentan Dukung Pengamanan Pasokan Bahan Baku Pupuk NPK

"Saya sangat berharap petani di sini, setelah dikunjungi oleh Kementan bisa semangat lagi dan mempunyai power untuk tetap melanjutkan pertanian. Tadi juga Pak Dirjen bisa melihat dan berdiskusi secara langsung terkait apa saja yang masih diperlukan,” kata Danang.

Menurutnya, para petani setelah diberi bantuan dan kepercayaan dapat melakukan penanaman secara maksimal dan bisa memberikan hasil yang optimal sesuai harapan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.