Dark/Light Mode

Reshuffle Kabinet

Kalau Nggak Tahun Ini, Apa Gunanya

Sabtu, 4 Juni 2022 07:15 WIB
Presiden Jokowi saat memimpin rapat kabinet. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi saat memimpin rapat kabinet. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Lalu bagaimana nasib PAN, sebagai satu-satunya partai koalisi pemerintah yang belum mendapat kursi?

"Silakan kalau ada orang parpol yang dianggap mampu, itu terserah pak presiden, tapi aspek yang dipertimbangkan harus teknokratik," pesannya.

Baca juga : Shayne Pattynama Nggak Sabar Main Bersama Timnas

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengaku belum tahu-menahu soal kepastian kabar reshuffle. Sebab, belum ada informasi yang masuk ke partai koalisi pemerintah, khususnya PKB.

"Mungkin surprise," respons Jazilul, singkat, kemarin.

Baca juga : Kalahkan Wakil Tuan Rumah, Rowing Indonesia Rebut Emas

Kendati demikian, ia berharap para menteri tidak terganggu oleh isu-isu kocok ulang kabinet ini. "Menteri-menteri tetap fokus kerja saja," pesannya.

Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio sepakat, perombakan kabinet sudah sangat mendesak dilakukan. Bahkan harusnya dari tahun lalu.

Baca juga : Mudik Aman Dan Nyaman, Ini Tipsnya

"Urgent, dari tahun lalu. Banyak program Pak Jokowi enggak jalan, tapi semua terserah Pak Jokowi," kata Hensat, dalam obrolan tadi malam.

Jika reshuffle terlambat dilakukan, kata dia, maka bisa-bisa enggak ada gunanya. Apalagi tahun depan, sebagian menteri mulai disibukkan dengan tahun politik. "Ingat  sejarah itu enggak pernah nyatat menteri gagal, yang ada presiden gagal. Begitupun kalau berhasil," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.