Dark/Light Mode

Kumpul Di BSD, PUPR Umumkan Tiga Karya Desain IKN Terbaik

Rabu, 8 Juni 2022 09:20 WIB
Dirjen Cipta Karya PUPR, Diana Kusumastuti (tengah) memberikan keterangan soal Sayembara Desain IKN di ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa (7/6).
Dirjen Cipta Karya PUPR, Diana Kusumastuti (tengah) memberikan keterangan soal Sayembara Desain IKN di ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa (7/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah mengantongi tiga karya desain terbaik Konsep Pembangunan Gedung Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Nusantara untuk Kompleks Istana Wakil Presiden, Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif  serta Kompleks Peribadatan. Pemenang sayembara akan ditetapkan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono

Berdasarkan hasil evaluasi dari 246 pendaftar sejak 28 Maret 2022 lalu, terpilih 3 karya dari masing-masing kategori dengan hasil penilaian terbaik. Desain IKN akan segera diumumkan. Nantinya, pemenang sayembara akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 3,4 miliar.

Baca juga : Puluhan Ribu Warga Desa Se-Indonesia Dukung Ganjar Capres 2024

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengatakan, setelah terpilih 3 peserta dengan penilaian terbaik, tahap selanjutnya adalah presentasi nominator dan penjurian tahap 2 bagi peserta nominasi untuk pemeringkatan pemenang. 

"Nantinya, pemenang sayembara akan ditetapkan oleh Menteri PUPR," kata Diana saat memberikan keterangan tentang proses Penjurian Tahap I Sayembara Desain IKN di ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa (7/6).  

Baca juga : Partai Ummat Tawarkan Gagasan Pemilu Berbasis Blockchain

Tiga desain terbaik yang akan terpilih harus memenuhi kriteria konsep perancangan kawasan dan bangunan di IKN Nusantara, di antara memenuhi Key Performance Indicator (KPI) terkait bangunan gedung yang telah ditetapkan dalam Dokumen Urban Design Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) - IKN, desain mencerminkan identitas bangsa dalam desain interior maupun eksterior bangunan, memperhatikan peraturan dan ketentuan yang berlaku tentang Bangunan Gedung Negara (BGN), menerapkan prinsip green building, dan menerapkan prinsip kemudahan bangunan gedung.  

"Dengan melakukan sayembara ini kita harapkan mendapatkan hasil yang terbaik yang tentunya sesuai harapan bersama. Sejalan dengan pilar pembangunan IKN yang mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan sosial ekonomi dan lingkungan serta kota modern, cerdas, dan berstandar internasional," tutur Diana. 

Baca juga : Bajul Ijo Umumkan 3 Pemain Baru

Diketahui, proses penyusunan karya desain IKN ini dilakukan selama 40 hari sejak 23 April sampai  1 juni 2022. Dari total 246 pendaftar sebanyak 79 peserta lolos verifikasi, di mana 60 peserta memasukkan karya dan sisanya 19 peserta tidak memasukkan karya. 

Tim juri yang terlibat dari praktisi, perwakilan Kementerian PUPR, perwakilan Dewan Arsitek Indonesia, perwakilan Ikatan Arsitek Indonesia, akademisi, pakar bangunan gedung hijau, tim perancang Kota KIPP-Ibu Kota Nusantara, perwakilan instansi terkait dan perwakilan tokoh masyarakat. â– 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.