Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BKS Dan Erick Resmikan Wajah Baru Stasiun Pondok Ranji

Kamis, 16 Juni 2022 15:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Stasiun Pondok Ranji. (Foto: Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Stasiun Pondok Ranji. (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri BUMN Erick Thohir, meresmikan wajah baru Stasiun Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Kamis (16/6).

Revitalisasi Stasiun Pondok Ranji ini merupakan wujud kolaborasi antara Pemerintah dengan swasta dalam upaya meningkatkan pelayanan angkutan massal.

Proyek peningkatan aksesibilitas dan penataan Stasiun Pondok Ranji dikerjakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan pengembang properti swasta PT Jaya Real Property Tbk.

Menhub menilai, revitalisasi yang dilakukan semakin memudahkan di akses masyarakat. "Dulu kalau ke Stasiun Pondok Ranji kurang nyaman karena sempit dan macet. Sekarang fasilitasnya sudah lebih baik, ada integrasi antarmodanya juga. Jadi, semakin mudah mengaksesnya. Kami apresiasi kolaborasi yang dilakukan BUMN dan swasta ini,” ujarnya.

Baca juga : Menemukan Masa Lampau Di GAS Padang

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi-memastikan Pemerintah terus mendorong kolaborasi swasta untuk turut serta mengembangkan fasilitas angkutan massal dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). 

Konsep yang menghubungkan kawasan permukiman dengan simpul transportasi yang memiliki fasilitas yang lengkap, menjadi pusat kegiatan masyarakat, dan juga memiliki integrasi antarmoda yang baik.

“Melalui pendanaan kreatif, kita ajak swasta. Seperti di sini ada Jaya Property, di tempat lain ada BSD, dan swasta lainnya kami juga ajak, silahkan usulkan. Sehingga diharapkan titik-titik TOD bisa dikembangkan secara menyeluruh dan berkelanjutan,” katanya.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, untuk mengatasi kemacetan, Pemerintah berupaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dengan meningkatkan layanan angkutan massal.

Baca juga : Gattuso Resmi Jadi Pelatih Baru Valencia

Erick menjelaskan, pembangunan kawasan permukiman di perkotaan seharusnya dekat dengan fasilitas pelayanan publik seperti angkutan massal kereta rel listrk (KRL) agar semakin mudah diakses. 

“Saat ini kami sudah bangun empat titik TOD. Kami terus bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak swasta untuk meningkatkan fasilitas angkutan massal secara menyeluruh,” katanya.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menyampaikan, terima kasih kepada Pemerintah yang telah melakukan penataan Stasiun Pondok Ranji karena fungsinya sangat strategis bagi masyarakat. 

"Penataan stasiun ini akan sangat mendukung kelancaran pergerakan masyarakat Tangsel yang mayoritasnya melakukan aktivitas sehari-hari menuju ke Jakarta,” katanya.

Baca juga : Manggarai Bakal Jadi Stasiun Sentral

Setelah revitalisasi ini, Stasiun Pondok Ranji mampu menampung sebanyak 14 ribu orang per harinya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.