Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pembangunan IKN Sudah Dimulai

Presiden Jokowi: Bulan Depan, Jalan Utama Dari Jalan Tol Balikpapan Siap Dibangun

Rabu, 22 Juni 2022 18:06 WIB
Presiden Jokowi dan Ketua DPR Puan Maharani di Titik Nol Kilometer, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6). (Foto: Kiki Iswara/RM)
Presiden Jokowi dan Ketua DPR Puan Maharani di Titik Nol Kilometer, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6). (Foto: Kiki Iswara/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, pembangunan dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah dimulai. Ini ditandai oleh pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir.

"Adanya bendungan ini menunjukkan pembangunan basic di infrastruktur sudah mulai. Juli nanti, pembangunan jalan utama dari jalan tol Balikpapan juga dimulai,” kata Presiden RI Jokowi ketika meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, Rabu (22/6).

Tak hanya menjadi sinyal pembangunan IKN, Persemaian Mentawir juga menunjukkan aspek lingkungan di lokasi Ibu Kota baru.

Baca juga : Pembangunan IKN, Stimulus Pemerataan Pertumbuhan Perekonomian Nasional

Dalam kesempatan tersebut, Presiden meminta agar pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dapat diselesaikan lebih cepat dari rencana.

Semula, bendungan ini akan rampung pada Desember 2023. Namun, Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko menyanggupi untuk menyelesaikan pada awal tahun depan.

“Dengan adanya percepatan, kami menargetkan akan selesai pada Januari atau Februari 2023,” ucap Jarot.

Baca juga : Langkah Diplomatik Presiden Jokowi Untuk Pertahankan Keutuhan G20 Tuai Pujian

Presiden menyampaikan, air baku dari bendungan akan diolah untuk memasok kebutuhan air bagi 1,5 juta penduduk.

“Air yang disalurkan adalah air siap minum,” kata Presiden, yang kontan diamini Menteri Pekerjaa  Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

"Kalau nggak bisa diminum langsung, percuma kita pindah,” ucap Basuki.

Baca juga : Bamsoet: Kemah Di IKN Sangat Berkesan, Ditemani Sinar Bulan Dan Jutaan Bintang

Acara peninjauan Bendungan Sepaku Semoi ini diikuti Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, dan Gubernur Kaltim Isran Noor. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.