Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadiri Apel Dansat 2022

Kepala BNPT: TNI AD Salah Satu Kekuatan Utama Penanggulangan Terorisme

Kamis, 23 Juni 2022 21:16 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar saat menghadiri Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD Tahun 2022, di Akmil, Magelang, Kamis (23/6). (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar saat menghadiri Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD Tahun 2022, di Akmil, Magelang, Kamis (23/6). (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar mengatakan, TNI AD merupakan salah satu kekuatan utama yang membantu BNPT dalam melaksanakan strategi nasional penanggulangan terorisme.

Menurut Boy, TNI AD dapat terlibat bersama segenap unsur terkait dalam upaya pre-emptif, preventif, penegakan hukum dan kerja sama dalam upaya penanggulangan terorisme di Indonesia.

Baca juga : Bupati Muna Rusman Emba Penuhi Panggilan KPK

"Dalam upaya pre-emptif, TNI AD dapat menggerakan kolaborasi unsur-unsur pimpinan TNI di daerah dan Forkopimda dalam menciptakan situasi aman dan menanamkan toleransi di daerah. Selain itu, TNI juga dapat terlibat dalam tindakan preventif, penegakan hukum dan kerja sama," ujar Boy, dalam Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD Tahun 2022, di Akmil, Magelang, Kamis (23/6).

Dalam mengoptimalkan peran perbantuan TNI AD kepada BNPT dalam penanggulangan terorisme guna mewujudkan Indonesia yang aman, Boy juga membagikan pesan Panglima TNI Jenderal TN Andika Perkasa, ketika membahas sinergisitas BNPT dan TNI dalam upaya penanggulangan terorisme.

Baca juga : Kepala BNPT: Pintu Masuk Intoleransi, Diskriminasi, Dan Kekerasan Yang Mengarah Pada Terorisme

Menurutnya, kedua belah pihak harus terus meningkatkan sinergisitas, terutama dalam hal intelijen.

"Beberapa kali saya berkomunikasi dengan Panglima. Pak Panglima sampaikan agar kita bersinergi memperkuat kegiatan-kegiatan Intelijen dalam menanggulangi ancaman terorisme," ungkap mantan Kapolda Papua itu.

Baca juga : Temui Kepala BP2MI, Perusahaan Malaysia Ajak Perkuat Kerja Sama Penempatan PMI

Kegiatan Apel Dansat diikuti 747 peserta dengan berbagai pembekalan dan diskusi dari para tokoh negara. Materi-materi tersebut diberikan dengan tujuan menjadi bekal dalam rangka mengoptimalkan kinerja dan kesiapan satuan dalam melaksanakan penugasan di masa mendatang. 

Komandan Satuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab diharapkan harus memiliki komitmen, niat, tulus, ikhlas dan berani dalam memimpin satuannya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.