Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Audiensi Dengan Gubernur DI Yogyakarta

Sesjen Kemendikbudristek Bahas Tindak Lanjut International Olympiad In Informatics

Jumat, 24 Juni 2022 21:04 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti bersama Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi dan Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) melakukan audiensi dengan Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Di pertemuan tersebut, merek membahas tindak lanjut kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 di Indonesia. IOI ke-34 ini, rencananya akan digelar di Provinsi DI Yogyakarta, pada 7-15 Agustus 2022.

Selain untuk meningkatkan kemampuan anak-anak Indonesia pada bidang informatika, Sesjen Suharti mengatakan kompetisi IOI dapat digunakan sebagai peluang untuk mengenalkan budaya Indonesia ke negara lain.

Baca juga : Kemendikbudristek Minta Peran Aktif Peserta Dalam Pertemuan Kedua EdWG G20

"Kita ingin memantik semangat anak-anak Indonesia semakin maju dalam bidang informatika. Kita juga ingin Indonesia lebih dikenal di negara lain, budayanya yang begitu luar biasa. Apalagi daerah tempat pelaksanaannya juga luar biasa yaitu di Yogyakarta," ujar Suharti, di kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono X, di Yogyakarta, Jumat (24/6).

Pada kesempatan yang sama, Sri Sultan Hamengkubuwono X juga menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kompetisi IOI ke-34 ini.

"Kami harap dengan kegiatan level internasional ini, kami dapat memperkenalkan dan mengharumkan budaya-budaya unik Indonesia kepada dunia Internasional. Ke depannya, diharapkan juga adanya lebih banyak kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah," bebernya. 

Baca juga : Masa Pandemi Covid-19, Kemendikbudristek Kebanjiran Pemohon Layanan Informasi

Sementara itu, Asep menyampaikan, kompetisi IOI merupakan kompetisi ilmu komputer paling bergengsi untuk peserta didik sekolah menengah di seluruh dunia. Kompetisi ini adalah salah satu dari sembilan Olimpiade Sains Internasional yang secara rutin diadakan setiap tahun.

"Nantinya, para peserta didik akan bersaing dalam kompetisi algoritma bergengsi untuk mengasah keterampilan informatika seperti analisis masalah, desain algoritma dan struktur data, pemrograman, dan pengujian," tutur Asep.

Tujuan dari kegiatan IOI ini, lanjut Asep, adalah untuk menemukan, mendorong, dan mengetahui bakat siswa sekolah menengah yang luar biasa di bidang Informatika dan juga untuk membina hubungan internasional yang baik antara ilmuwan komputer dan pendidik informatika.

Baca juga : IMI Bangun Bintan International Circuit, Dipersiapkan Untuk F1

"Setiap negara akan dibentuk dalam satu tim yang terdiri dari kurang lebih empat kontestan yang dipilih oleh masing-masing negara yang akan berpartisipasi untuk mewakili negara mereka," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.