Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cek Kondisi Pohon, Basuki Ingin Sirkuit Mandalika Hijau & Asri

Senin, 27 Juni 2022 20:58 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono cek kondisi pohon di kawasan Sirkuit Mandalika NTB, Senin (27/6)
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono cek kondisi pohon di kawasan Sirkuit Mandalika NTB, Senin (27/6)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau infrastruktur di kawasan sekitar Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setibanya, di lokasi Basuki mengecek satu persatu kondisi pohon yang ditanam di sepanjang jalan Sirkuit Mandalika.

Baca juga : Tekan Emisi Karbon, Begini Jurus Perhutani

Selesai mengecek, Ia menginstruksikan agar penghijauan di koridor jalan kawasan sirkuit Mandalika, tetap dijaga dan dioptimalkan, khususnya pada median jalan dan bukit di sekitar jalan. 

Dengan pekerjaan pembangunan jalan akses Mandalika dan ruas Kuta Kruak menjadi 4 lajur, wajah Kawasan Sirkuit Mandalika akan benar-benar berubah.

Baca juga : Bamsoet: Ground Breaking Sirkuit Bintan Akan Dilakukan Jokowi

"Tingkatkan penyiraman pohon di sekitar jalan minimal 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Penggunaan pupuk juga ditambah agar pohonnya hidup subur," kata Basuki, Senin (27/6).

Kementerian PUPR menata Jalan Bypass BIL-Mandalika sepanjang 17,3 km. Penataannya meliputi penanaman rumput dan pohon bougenvile, tabebuya, ketapang kencana, dan pule di median jalan, penghijauan di jalur lambat melalui penimbunan tanah, dan penghijauan bukit di sepanjang Jalan Bypass BIL-Mandalika. 

Baca juga : Bamsoet Ingatkan, Kendala Pemilu 2024 Harus Segera Diatasi

Dilakukan juga pelebaran Jalan Kuta-Keruak sepanjang 5,3 km dengan menambah lajur eksisting menjadi 4 lajur, pembuatan saluran drainase beton di tepi luar badan jalan, dan perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan eksisting.

Selain itu, Kementerian PUPR juga menata koridor kawasan Mandalika yakni penataan Bundaran BIL, Bundaran Sunggung, Plaza Parkir Sunggung, Bunderan Triputri, serta segmen II Jalan Kuta-Keruak yang terdiri dari gerbang dan artwork sirkuit, zona landmark sirkuit, zona landmark Pertamina, zona landmark main event, dan zona landmark Lombok.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.