Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gibran Boleh Pilih Jadi Calon Gubernur

Di Jateng, Pasti Menang Di DKI, Persaingan Keras

Selasa, 21 Juni 2022 06:55 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM).
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Khairizal Anwar/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Safari politik Gibran Rakabuming Raka ke Jakarta tidak sia-sia. Putra Presiden Jokowi ini mendapat tiga restu sekaligus untuk maju sebagai calon gubernur. Restu Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani dan Prabowo Subianto.

Gibran Rakabuming Raka bertemu Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputro dan Ketua DPR Puan Maharani di Kediaman Megawati, Jakarta, Jumat (17/6). Esok harinya (18/6), Gibran bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor Jawa Barat.

“Mbak Puan dan Ibu Mega, sama juga (sarankan maju pil­gub). Di salah satu provinsi (DKI Jakarta atau Jawa Tengah),” kata Gibran di GOR Sritex Arena, Minggu (19/6).

Wali Kota Solo itu mengaku bertemu dengan Megawati dan Puan di sekolah partai PDIP di Lenteng Agung. Dia juga bertemu dengan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto.

Baca juga : Direksi BUMN Fokus Kerja Aja

Saat bertemu dengan Megawati dan Puan, Gibran memberikan souvenir dari Paris. “Kebetulan saya sambil mengantarkan souvenir dan katalog saat saya pameran di Paris, sambil laporan itu juga,” ujarnya.

Netizen riuh menanggapi pengakuan putra sulung Presiden Jokowi. Gibran disarankan maju menjadi calon gubernur (cagub) dalam Pemilu 2024. Di salah satu provinsi; Jakarta atau Jawa Tengah.

“Yee bentar lagi jadi gubernur. Setelah itu jadi apa ya?” tanya @Dedy_ibrahim.

Akun @Tonny_Siahaan menyarankan Gibran lang­sung nyapres saja. Sasaran kursi gubernur tanggung.

Baca juga : Nias Utara Gencar Dongkrak Potensi SDM Dengan Literasi

Saran yang sama dilontar­kan @Evan_Saputra, Gibran baiknya langsung menjadi calon presiden. “Atau wakil presiden (wapres) sama Ganjar Pranowo,” ujarnya.

Sebelum nyalon gubernur, @Criz_Kimbal menyarankan Gibran menunjukkan prestasinya lebih dulu sebagai Wali Kota Solo.

Akun @Max_Syiad malah menantang Gibran menjadi Wali Kota Solo 2 periode. “Level gubernur nanti dululah, apalagi Jakarta, belum saatnya,” ujarnya.

Menurut @JordannyAretas, Prabowo dan Megawati mem­beri saran maju pilgub sah-sah saja. Hanya saja, dia meminta Gibran tidak gede rumong­so alias GR.

Baca juga : DPRD Ingatkan BUMD DKI Jangan Sembarangan Beli Lahan

“Tunjukkan saja kapabilitas Anda di Solo, Jakarta itu sangat keras. Sejauh ini kapabilitas Anda memimpin Solo masih jauh,” ujarnya.

Akun @Muhammad_Ali me­minta Gibran menuntaskan dulu jabatan Wali Kota Solo. Jangan meninggalkan tradisi demokrasi yang tidak baik hanya karena ingin maju dalam pemilihan gubernur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.