Dark/Light Mode

Idul Adha Kian Dekat

PMK Makin Mengganas Nih

Jumat, 1 Juli 2022 07:55 WIB
Petugas Dinas Kesehatan Pangan Kota Tangeran memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual di Kandang Peternak di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Kamis (30/6/2022). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Petugas Dinas Kesehatan Pangan Kota Tangeran memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual di Kandang Peternak di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Kamis (30/6/2022). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

 Sebelumnya 
Sementara jumlah hewan ternak yang sudah divaksinasi sebanyak 80.514 ekor. Sementara vaksin yang disuntikkan ke ternak yang sehat, mencapai 315 ribu dari 800 ribu dosis vaksin yang tersedia.

Ia menegaskan, pemerintah fokus terhadap PMK untuk hari raya kurban nanti. Pemerintah masih tetap berupaya mengendalikan PMK. Mereka juga akan melakukan pemantauan pelaksanaan pemotongan hewan kurban. “Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena kami sudah ditugaskan untuk terus memantau ketersediaan,” imbaunya.

Baca juga : Mari, Rayakan Idul Adha Dengan Meriah

“Idul kurban kali ini mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik. Saya sarankan beli hewan ternak yang betul-betul sehat yang sudah dipastikan sehat,” harap Agung, sekaligus menutup.

Sementara Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan mengatakan, penyakit PMK ini butuh penanganan khusus. Apalagi, menjelang Idul Adha, banyak hewan ternak yang akan dikurbankan. “Ini perlu perhatian secara sungguh-sungguh agar hewan kurban ini mendatangkan maslahat yaitu kebaikan bersama dunia sampai akhirat,” ingatnya.

Baca juga : Der Panzer Bikin Panas Di Awal

Amirsyah menjelaskan, momen kurban saat Idul Adha memiliki manfaat secara duniawi dan spiritual. Secara duniawi, meningkatnya transaksi pembelian hewan ternak untuk dikurbankan akan memutar roda ekonomi.

“Jadi ini semacam panen tahunan peternak maka kita doakan para peternak dan masyarakat yang aktif di peternakan bisa memperoleh kesempatan untuk mengembangkan usaha,” ajak Amirsyah.

Baca juga : Ngaku Sakit Kanker Demi Dapat Sumbangan

Sementara dalam konteks keagamaan, berkurban adalah peningkatan spiritual. “Ini sebagai bentuk bukti untuk mendekatkan dirinya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semoga ini menjadi amal ibadah sekaligus menjadi amal yang mendatangkan maslahat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” terangnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.