Dark/Light Mode

Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 Selesai

Laskar Rempah Dan KRI Dewaruci Tiba di Surabaya

Jumat, 1 Juli 2022 18:15 WIB
Foto: Humas Kemendikbudristek.
Foto: Humas Kemendikbudristek.

 Sebelumnya 
Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek Restu Gunawan berharap, program Muhibah Budaya Jalur Rempah ini dapat menginspirasi Laskar Rempah untuk menyebarluaskan narasi Jalur Rempah.

Baik dari sudut pandang kejayaan Nusantara masa lampau hingga potensi penggunaan Jalur Rempah untuk masa depan bangsa.

Terlebih lagi, lanjutnya, Jalur Rempah membawa relevansi yang luar biasa di masa kini jika ingin mengubah paradigma pembangunan bangsa Indonesia.

Baca juga : Bulan Ramadan, PPI Salurkan Lebih Dari 25 Ribu Paket Pangan

"Fakta geografis dan keindonesiaan kita terbentuk atas kebahariannya, sekaligus melahirkan sebuah perspektif bio-kultur, membentuk pengetahuan tradisi dan kearifan lokal, serta kebhinekaan budaya baik di laut dan darat," ujar Restu.

Melalui Muhibah Budaya ini, lanjut Restu, pemerintah mengajak Laskar Rempah untuk terlibat aktif dan turun langsung mengampanyekan Jalur Rempah.

Dengan melihat langsung, tuturnya, para Laskar Rempah diharapkan bisa memberikan pengalaman yang komprehensif dan merangsang pemikiran kreatif.

Baca juga : Muhibah Budaya Jalur Rempah Susuri 6 Titik Pelayaran Bersama KRI Dewaruci

"Pengalaman selama pelayaran bermanfaat untuk peserta sebagai pijakan awal mereka dalam melihat lebih jauh lagi potensi yang dimiliki daerah masing-masing dan memanfaatkannya kembali demi kesejahteraan bersama," jelasnya.

Dengan banyaknya peradaban berinteraksi melalui jalur globalisasi Nusantara ini, Jalur Rempah memiliki sejarah panjang peradaban di Nusantara sampai dengan terbentuknya Indonesia dengan memiliki rekam jejak turut membentuk peradaban dunia sepanjang tiga milenium.

"Untuk itu, Jalur Rempah bukan saja menjadi warisan budaya bagi Indonesia, tetapi juga merupakan warisan budaya bagi dunia," tandas Restu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.