Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menkominfo Ajak Pelajar NTT Jadi Generasi Digital Native

Sabtu, 2 Juli 2022 07:36 WIB
Menkominfo Johnny G Plate  hadir secara virtual dalam kegiatan Pengenalan Fiber Optic Palapa Ring Timur yang diselenggarakan di Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, Jumat (1/6). (Foto: Istimewa)
Menkominfo Johnny G Plate  hadir secara virtual dalam kegiatan Pengenalan Fiber Optic Palapa Ring Timur yang diselenggarakan di Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, Jumat (1/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyempatkan hadir secara virtual dalam kegiatan Pengenalan Fiber Optic Palapa Ring Timur yang diselenggarakan di Ruteng, Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Saat menyapa ratusan pelajar yang hadir dalam kegiatan tersebut, Johnny mengingatkan, era digital saat ini turut melahirkan generasi digital native atau generasi yang lahir, bertumbuh dan berkembang di era teknologi digital.

"Para siswa-siswi adalah generasi digital, adalah generasi digital native Indonesia, adalah generasi digital native Nusa Tenggara Timur, adalah generasi digital native Kabupaten Manggarai, Kota Kupang dan kabupaten-kabupaten lainnya di Nusa Tenggara Timur," ujarnya dalam sambutan secara virtual dari Jakarta, Jumat (1/7).

Sebagai generasi digital native, Menkominfo berharap pelajar di NTT harus memiliki peran untuk terus mengembangkan inovasi digital demi kemajuan kabupaten, provinsi hingga kemajuan negara.

"Pada kesempatan ini, saya ingin berpesan agar anak-anakku sekalian dapat memanfaatkan sebaik mungkin medium konektivitas digital yang kita miliki untuk terus belajar, terus berkarya, dan memberikan kontribusinya yang terbaik bagi nusa, bangsa, masyarakat, dan di keluarga kita sekalian," harapnya.

Berita Terkait : Stafsus Menkominfo Ajak Pelajar NTT Manfaatkan Ruang Digital

Menteri Johnny kembali berpesan kepada para pelajar untuk tetap semangat dan menekuni bidang keilmuan yang dipilih dan dicita-citakan.

"Anak-anakku di mana saja kita berada mencari ilmu setinggi-tingginya, khususnya di bidang digital dan di Indonesia demi kejayaan negeri kita dan menembus cita-cita kemerdekaan negara kita," ujarnya.

Pemerintah khususnya Kementerian Kominfo akan terus membangun dan mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi NTT.

"Tentunya penggelaran infrastruktur TIK yang secara besar-besaran dibangun, kita Kementerian Kominfo juga membangun talenta digital atau SDM digital Indonesia kepada generasi digital native, termasuk di provinsi NTT melalui berbagai program dan pelatihan kecakapan digital," tandasnya.

Kehadiran Menkominfo Johnny G Plate dalam kegiatan Pengenalan Fiber Optic Palapa Ring Timur di Ruteng mendapatkan sambutan hangat dan ucapan terima kasih dari para pelajar.

Berita Terkait : Teken Riset, Telkom Perkuat Transformasi Digital Di Mandalika

Meskipun hadir secara virtual, para pelajar mengapresiasi Menkominfo yang telah memberikan motivasi kepada mereka.

"Terima kasih kepada Kementerian Kominfo dan juga terima kasih kepada Menteri Kominfo Bapak Johnny G. Plate yang juga putra asli Manggarai, yang telah memberikan kami dukungan dan juga motivasi untuk mengejar mimpi lebih tinggi," ujar Lani, salah satu siswi SMK Ruteng.

Lani mengungkapkan rasa syukurnya telah mengikuti kegiatan tersebut dan diberikan kesempatan mendapatkan berbagai macam informasi dan ilmu serta wawasan.

"Menurut saya kegiatan ini sangat penting bagi kami dan harapannya kegiatan ini tidak sampai di sini saja. Semoga adik-adik kami juga nanti mendapatkan kegiatan seperti ini lagi," tambahnya.                

Hal yang sama disampaikan Oktaviani Derli Puspawati dari SMK Santo Aloysius Ruteng. Derli menilai kegiatan sharing session tersebut telah membuatnya mempunyai gambaran di masa depan.

Berita Terkait : Kemenkominfo Gelar ToT Literasi Digital Bagi ASN

"Karena dari kegiatan hari ini sejalan dengan jurusan yang saya ambil. Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk kakak-kakak dari PT Palapa Timur Telematika yang sudah menyempatkan waktu untuk membagi ilmu-ilmu kepada kami untuk SMK-SMK di Ruteng," ujarnya.

"Terima kasih juga untuk Bapak Menteri Kominfo yang sudah menyempatkan waktunya untuk bertemu dengan kami meskipun secara virtual, tetapi kami sangat merasa bersyukur sudah bisa membagi ilmu atau pengalaman dengan Bapak Menteri," tuturnya. ■