Dark/Light Mode

Rapat Perdana Bersama DPR

Zulhas: Besok Solusi Mendag Untuk Minyak Goreng Diluncurkan

Selasa, 5 Juli 2022 13:52 WIB
Mendag Zulkifli Hasan. (Foto: Ist)
Mendag Zulkifli Hasan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan Rapat Kerja Perdana Kementerian Perdagangan bersama Komisi VI DPR RI dalam rangka membahas RUU tentang Pengesahan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan Indonesia Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK CEPA).

Dalam agenda tersebut Mendag Zulkifli Hasan memaparkan hal yang berkaitan dengan rapat kerja tersebut. Dia menjelaskan mulai dari proses hingga hasil akhir untuk pengesahan RUU tentang Pengesahan RCEP dan IK CEPA.

Baca juga : Buku Ke-24 Bamsoet, Urgensi Vaksinasi Ideologi, Segera Diluncurkan

Tak lupa, dia juga menjelaskan mengenai progres dari minyak goreng yang selama ini menjadi masalah di masyarakat. Mendag juga menyatakan akan meluncurkan minyak goreng rakyat kemasan dengan harga Rp 14.000, yang dinamai 'Minyak Kita'.

"Saya hari ini ingin memberi tahu kepada Teman-teman di DPR RI khususnya Komisi VI bahwa besok saya akan meluncurkan inovasi saya sebagai Menteri yaitu Minyak Kita. Ini adalah terobosan Kemendag sebagai salah satu upaya agar minyak goreng ini bisa terdistribusi dengan murah dan aman karena sudah sesuai dengan BPOM dan SNI," jelas Zulhas, sapaan akrabnya, Selasa (5/7).

Baca juga : Dalam 3 Bulan, Kemendagri Catat 610 Ribu Penyandang Disabilitas Baru

Dia berharap, minyak goreng rakyat kemasan ini mempermudah masyarakat mendapatkan stok serta mempermudah proses distribusi agar merata sampai ke pelosok negeri.

"Juga menjaga kebersihan sampai ke tangan konsumen. Minyak Kita ini akan disalurkan melalui berbagai mitra dari Kemendag, dengan harapan dapat tersalurkan dengan baik serta tetap dengan harga terjangkau yaitu Rp 14.000," terangnya.

Baca juga : Bupati Kerinci: Tantangan Zulhas Jadi Mendag Cukup Berat, Mari Kita Doakan

Dia juga melaporkan, Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng di Jawa Bali sudah sesuai kebijakan pemerintah. Mendag ditugasi Presiden Jokowi untuk menyelesaikan kasus minyak goreng selama satu bulan.

"Sekarang kan baru dua minggu, sudah Rp 14.000 untuk Jawa-Bali. Dengan diluncurkannya Minyak Kita, saya harap 2 Minggu kedepan harga minyak goreng sudah di bawah Rp 14.000 untuk seluruh Indonesia," tutup Zulhas. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.