Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Program KTN Dijempolin DPR, Kementan Kucurkan Banyak Bantuan

Kamis, 14 Juli 2022 17:58 WIB
Foto: Fajar El Pradianto/Rakyat Merdeka.
Foto: Fajar El Pradianto/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menghadiri kegiatan Panen Raya Perdana di Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) yang digagas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Kamis (14/7).

Pada kesempatan tersebut, Harvick menyerahkan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan), yakni Traktor Roda Dua, Pompa Air, Hand Sprayer, dan Cultivator.

Selain itu, ada juga bantuan berupa benih padi hibrida, benih jagung hibrida, benih kedelai, benih cabai, sayur-sayuran, buah-buahan, bibit tebu, hingga pelatihan tematik bagi kelompok yang menjadi sasaran sinergitas.

Baca juga : DPR Dorong Tim Bentukan Kapolri Transparan Dan Akuntabel

Harvick mengatakan, bantuan ini merupakan dukungan Kementan bagi program Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) yang digagas oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Sebab, ia menilai KTN dapat memperkuat kedaulatan pangan nasional.

“Kementerian Pertanian terus berupaya memberikan support terhadap upaya-upaya ketahanan pangan, hingga kedaulatan pangan nasional,” kata Harvick yang juga Ketua Umum Forum Kerukunan Antar Ketua Umum Pengurus Pusat Forum Komunikasi dan Kerukunan Antar Suku (FK2AS) ini.

Ia pun berharap program KTN dapat menjadi rujukan bagi Pemerintah Xaerah lainnya. Menanggapi hal itu, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menyampaikan terimakasih kepada Kementan yang telah memfasilitasi KTN.

Baca juga : Pogba Sumringah Kembali Ke Pelukan Nyonya Tua

Boy mengatakan, program KTN ini pemanfaatan lahan tidur, baik milik negara maupun pemerintah daerah. Adapun, kegiatan hari ini kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Malang dan Universitas Islam Malang (UNISMA).

Jenderal Polisi bintang tiga itu menyampaikan bahwa program KTN ini merupakan program deradikalisasi berbasis ekonomi dengan melibatkan para narapidana terorisme (napiter).

“Kami juga berterimakasih kepada Kementerian Pertanian yang telah memfasilitasi kegiatan di IKN ini seperti peralatan-peralatan. Kami sangat mengapresiasi karena memang BNPT lebih mengkoordinasikan saja ke lintas kementerian/lembaga,” ujarnya.

Baca juga : Di Mina, Dirjen Haji Minta Petugas Siaga Bantu Jemaah

Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan mengapresiasi KTN Turen pertama yang sudah menghasilkan buah manisnya. Dia mendukung penuh pelaksanaan pilot project KTN yang berlokasi di Turen dan berharap dapat dicontoh daerah lain.

Menurutnya, radikalisme dan terorisme tidak semata menjadi tugas BNPT tetapi menjadi tugas bersama. Oleh karena itu, kerja konkrit seperti KTN Turen harus mendapat dukungan berbagai pihak.

"Kami Komisi III DPR dan kementerian lembaga pasti akan mendukung kerja hebat dan baik ini, BNPT ini bukan jadi tukang sapu bersih tapi bagaimana orang tidak mau melakukan aksi teror ini diimplementasikan dari kerja-kerja yang konkrit," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.