Dark/Light Mode

Zulhas Targetkan Harga TBS Sawit Naik Ke Rp 2.400 Per Kg

Senin, 18 Juli 2022 15:04 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat sidak minyak goreng. (Foto: Instagram)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat sidak minyak goreng. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menargetkan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di tingkat petani dapat mencapai Rp 2.400 per kilogram (kg).

Hal tersebut dikatakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (18/7).

Baca juga : Warga Wadas Girang Dapat Ganti Rugi

"Kita akan melakukan segala upaya untuk tandan buah segar ini. Saya sudah hitung ya, harusnya harganya Rp 2.400," kata Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan.

Untuk diketahui, menurut Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), harga riil pembelian TBS di tingkat petani terus turun. Harga rata-rata TBS di petani swadaya sebesar Rp 916 dan di petani plasma Rp 1.259.

Baca juga : Angkasa Pura l Siap Terapkan Syarat Baru Naik Pesawat

Padahal, harga TBS menyentuh Rp 4.250 per kg sebelum adanya larangan ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

Kembali ke Zulhas. Dia menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menghapus pungutan ekspor yang mengurangi waktu perhitungan TBS. Jadi tidak ada alasan lagi harga buah tandan ini nantinya akan jadi di bawah Rp 2.000. 

Baca juga : Dongkrak Harga TBS Sawit, Luhut Lirik Opsi Turunkan Pungutan Ekspor CPO

“Kalau hitung-hitungan saya harusnya Rp 2.000 sampai Rp 2.400 per kg di tingkat petani. Tentu perlu waktu ya karena ini kan baru berlaku 2-3 hari ini," beber Zulhas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.