Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rogoh Kocek Rp 2,8 Miliar, Inilah Pemenang Sayembara Desain IKN

Selasa, 19 Juli 2022 09:21 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono umumkan pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Auditorium kementerian PUPR, Senin (18/7)
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono umumkan pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Auditorium kementerian PUPR, Senin (18/7)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara resmi diumumkan. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyerahkan hadiah uang dengan total nilai Rp 2,8 miliar kepada 12 pemenang sayembara desain Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penyerahan hadiah sayembara ini dilakukan langsung oleh Menteri dari PDI Perjuangan ini bersama Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Gregorius Budi Yulianto di Auditorium kementerian PUPR, Senin (18/7). 

“Sayembara ini dibagi dalam 4 kategori, yakni desain Istana Wakil Presiden (Wapres), desain Kompleks Perkantoran Legislatif, desain Kompleks Perkantoran Yudikatif, dan desain Kompleks Peribadatan. Kami membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkontribusi membangun ibu kotanya,” kata Basuki. 

Baca juga : Digaji Rp 227 Miliar, Marquez Bikin Iri Pembalap Lain

Basuki menambahkan, dalam penentuan pemenang sayembara kawasan dan bangunan gedung IKN ini merupakan hal yang tidak mudah. 

“Setelah juri menetapkan 3 finalis untuk setiap kategori, saya disuruh pilih satu. Ini tidak mudah karena hasilnya bagus-bagus. Saya menilai sampai 4 kali,” katanya.

“Penilain pertama bersama-sama dengan Dirjen Cipta Karya dan Tim, dijelaskan satu per satu. Kedua, besoknya saya sendirian. Ketiga saya ajak Kepala Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN. Keempat, kembali bersama Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Perumahan  untuk memutuskan pemenang,” tambah Basuki. 

Untuk mendapat hasil yang optimal, Menteri dua periode ini meminta hasil karya para pemenang ini dikolaborasikan agar tercipta karya arsitektur yang tersinkronisasi antara struktur, estetika dan fungsinya. 

Baca juga : Chelsea Nyiapin Rp 804 Miliar Buat Boyong Sterling

“Copyright ada di Kementerian PUPR, tapi nanti kami ajak para arsitekturnya untuk  mengoptimalkan desain ini untuk jadi yang terbaik dan dapat diterima semua pihak. Mudah-mudahan hasil tadi jadi basic design dan ada yang dilelangkan untuk dibangun tahun 2022 ini,” ujar Basuki.

Adapun para pemenang sayembara sebagai berikut, untuk Kompleks Perkantoran Yudikatif juara pertama dimenangkan oleh karya berjudul Adil Ka’Talino, juara kedua, dengan judul karya Paramarta dan juara ketiga adalah Cakra Nusantara. 

Para pemenang akan mendapat hadiah berupa uang tunai dengan rincian juara I sebesar Rp 500 juta, juara II Rp 250 juta dan juara III Rp 150 juta. 

Sedangkan untuk Kompleks Istana Wakil Presiden diputuskan tidak ada juara pertama, namun terdapat dua karya yang ditetapkan sebagai juara kedua yakni karya berjudul Huma Betang Umai dan Istana Kerakyatan, dan juara ketiga dengan karya berjudul Dwi Arya Wibawa. Juara 2 masing-masing mendapat hadiah Rp 250 juta, dan juara 3 Rp 100 juta.

Baca juga : Barca Malah Kena Apes

Sementara untuk kompleks peribadatan, tiga karya terpilih ditetapkan sebagai juara kedua yaitu karya berjudul Humanity Beyond Religion, Cahaya Batang Haring Nusantara, dan AkuRukun. Juara 2 yang sebanyak dua tim mendapat hadiah Rp 250 juta, serta juara 3 memperoleh Rp 100 juta.

Selanjutnya, untuk Kompleks Perkantoran Legislatif juga diputuskan tidak ada juara pertama, tetapi terdapat dua karya sebagai juara kedua yakni Sasana Swara Nusantara dan Rajut Swara Indonesia. Juara ketiga dimenangkan oleh karya dengan judul Lingkar Demokrasi. Jumlah hadiah yang didapat yakni Rp 250 juta untuk juara 2, dan Rp 100 untuk juara 3.■


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.