Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mendes PDTT Bakal Mediasi Persoalan Alih Fungsi Lahan Desa Sepawon Dengan PTPN XII

Jumat, 22 Juli 2022 17:51 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persoalan alih fungsi lahan antara masyarakat Desa Sepawon dengan PT Perkebunan Nasional XII (PTPN XII) mendapatkan atensi khusus dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Sebab, mata pencaharian utama warga Desa Sepawon adalah sektor perkebunan yang bersinggungan langsung dengan PTPN XII.

Baca juga : Kemendes PDTT Ajak ASEAN Kolaborasi Kembangkan Desa Wisata

"Sehingga dari pemerintah desa jika dituntut untuk mensejahterakan masyarakatnya cukup kesulitan. Karena, potensi yang ada di Sepawon berada di lingkungan perkebunan (milik PTPN X) dan daerahnya terisolir," ungkap Gus Halim, sapaan akrabnya dalam kegiatan menyapa kepala desa mandiri secara virtual pada Jumat (22/7).

Menurut Gus Halim, di Desa Sepawon Kecamatan Plosoketan Kabupaten Kediri, setidaknya terdapat sekitar 7.200 penduduk yang mendiami lima dusun. Masyarakat empat dusun tersebut, menggantungkan mata pencahariannya pada sektor perkebunan. "90 persen masyarakat bekerja di perkebunan," tambahnya.

Baca juga : Usai Bela Timnas, 4 Macan Muda Persija Langsung Latihan Bersama Senior

Gus Halim menyatakan, pemanfaatan lahan perkebunan negara yang dikelola PTPN seharusnya memberikan dampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, Ia pun menjanjikan akan mengunjungi Desa Sepawon, untuk melihat secara langsung kondisi desa disana. Hal ini juga berlaku untuk beberapa desa lainnya yang memiliki kondisi serupa.

Baca juga : Mendes PDTT Ajak Media Publikasikan Perkembangan Pembangunan Desa

"Penyelesaiaan persoalan alih fungsi lahan membutuhkan kecermatan serius. Karena melibatkan banyak faktor. Beberapa desa nanti saya usahakan untuk bisa mampir. Karena memang butuh pencermatan serius. Ada empat dusun yang sudah dialihfungsikan oleh PTPN XII," ungkapnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.