Dark/Light Mode

Ribut-ribut Soal Nama Citayam Fashion Week

DJKI: Jika Bukan Pencetus, Baiknya Tak Ajukan Merek

Rabu, 27 Juli 2022 07:55 WIB
Warga berpose menampilkan busananya di atas zebra cross di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). (Foto: Tedy Kroen/RM)
Warga berpose menampilkan busananya di atas zebra cross di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Dia bilang, pengajuan merek orang lain tanpa persetujuan sama saja mengambil hak milik orang lain. Pihaknya bisa saja melakukan pencabutan merek tersebut.

Proses pencabutan ini memang tidak bisa diproses langsung. Butuh waktu. Mesti lewat pengadilan. Karena yang berhak mencabut atau menghapuskan itu bukan DJKI, tetapi pengadilan.

“Kami pun diawasi oleh publik. Jadi, kami tidak semena-mena pula memberikan persetujuan merek,” tegasnya.

Baca juga : Rebutan Merek Citayam Fashion Week, Praktisi Hukum Ingatkan Hak Moral Dan Ekonomi

Razilu mengatakan, sampai saat ini, tak ada yang tahu pencetus nama merek Citayam Fashion Week. Tapi, sudah ada segelintir pemodal yang memanfaatkannya untuk didaftarkan ke DJKI.

Antara lain, Indigo Aditya Nugroho, PT Tiger Wong Entertainment yang dimiliki oleh selebriti Baim Wong, dan Daniel Handoko Santoso dengan nama serupa.

Baim Wong tidak kuat menghadapi tekanan publik, hingga akhirnya mencabut pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Citayam Fashion Week.

Baca juga : Merek Citayam Fashion Week Didaftarkan 2 Pihak, Publik Boleh Ajukan Keberatan

Baim resmi mencabut pendaftaran tersebut dengan menandatangani surat Permohonan Penarikan Kembali Permohonan Baru.

“Sekarang saya mau ngelepas. Saya tinggal tanda tangan. Ini saksi supaya nanti tak ada Citayam Fashion Week di Tiger Wong Entertainment,” kata Baim.

Baim Wong sebelumnya beralasan mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week, agar semua kalangan dapat menikmati event tersebut.

Baca juga : Polda Metro Sarankan Citayam Fashion Week Digelar Saat CFD

Suami model Paula Verhoeven ini kecewa karena niatnya mendaftarkan merek supaya Citayam Fashion Week lebih besar, disalahartikan oleh sebagian orang.

“Banyak yang bilang ini seperti keuntungan si kaya dan si miskin. Itu Insya Allah jauh banget dari pemikiran saya,” kata Baim. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.