Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dihadiri Tamu Dari Malaysia, Upacara HUT ke-77 RI Di PLBN Aruk Berlangsung Meriah

Rabu, 17 Agustus 2022 15:37 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, berlangsung khidmat dan meriah.

Upacara dimulai pada Pukul 07.30 WIB, dengan peserta upacara Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Unsur PNS, TNI, Polri serta kalangan pelajar dan masyarakat.

Dalam Upacara HUT ke-77 RI Tahun 2022 di PLBN Aruk, disemarakkan dengan peserta yang hadir menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, termasuk baju adat Dayak dan Melayu sebagai bentuk memupuk rasa kebersamaan “Unity in Diversity”.

Tidak hanya itu, upacara bendera juga diisi dengan paduan suara pelajar SMP Negeri 1 Sajingan, serta diikuti dengan berbagai kegiatan lomba bersama masyarakat.

Baca juga : Pakai Baju Adat Lombok, Basuki Pimpin Upacara HUT RI Di Kantor PUPR

Sekretaris BNPP Restuardy Daud, yang menjadi Inspektur Upacara memuji antusiasme masyarakat, pelajar, serta tamu undangan yang mengikuti kegiatan hari ini.

Ia mengatakan, momentum hari kemerdekaan perlu dimaknai sebagai upaya menggelorakan semangat dan harapan sebagaimana tema HUT Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini, yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Upacara bendera tahun 2022 ini, selain diikuti peserta upacara, juga turut dihadiri masyarakat umum, termasuk veteran yang berdomisili di Kecamatan Sajingan Besar. Mereka sangat antusias mengikuti peringatan upacara bendera untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-77 RI, karena semenjak pandemi Covid-19, selama 2 tahun upacara dilakukan dengan metode virtual,” ujarnya, di Lapangan Upacara Tugu Aruk Indonesia, PLBN Aruk, Rabu (17/8).

Dalam sambutannya, Restuardy membacakan Amanat Menteri Dalam Negeri yang juga merupakan Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI.

Baca juga : Timnas U-16 Mau Ikut Upacara HUT RI Di Istana

Menteri Dalam Negeri dalam amanatnya mengingatkan tentang pentingnya rasa nasionalisme yang harus dijaga oleh masyarakat yang tinggal di perbatasan negara.

Hal ini juga termasuk memberdayakan potensi dan menggunakan produk dalam negeri, meningkatkan peran usaha kecil menengah dalam perputaran roda ekonomi kawasan perbatasan.

Pemerintah Daerah, lanjut Restuardy, agar mengalokasikan 40 persen anggaran Pengadaan Barang dan Jasa pada APBD untuk belanja produk dalam negeri.

Pesan lain yang disampaikan dalam pidato adalah, agar warga di perbatasan mampu memupuk rasa kebanggaan bagi setiap WNI, supaya berdiri sama tinggi atau lebih maju dalam beraktivitas dengan masyarakat negara tetangga.

Baca juga : Juara Malaysia Open, Apri/Fadia Langsung Bidik Gelar Masters

“Perbatasan Negara adalah Garda terdepan NKRI dengan Negara tetangga yaitu Malaysia, untuk itu Pemerintah melalui BNPP bersama Kementerian/Lembaga anggotanya akan secara bertahap membangun perbatasan negara," bebernya. 

Diharapkan, masyarakat dapat terus mengembangka rasa nasionalisme serta membantu menjaga kedaulatan di beranda depan NKRI.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kabupaten Sambas, Anggota DPRD Sambas, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Sambas, Para Kepala CIQ Wilayah Kerja Aruk.

Selain itu, hadir tamu undangan dari Malaysia yaitu, Pejabat dari IMIGRESEN Biawak Malaysia, KASTAM Biawak Malaysia, Health Qurantine Biawak Malaysia, JPJ Biawak Malaysia, dan District Officer Lundu Sarawak Malaysia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.