Dark/Light Mode

Swasta Dan Nirlaba Dukung Kemendikbudristek Revitalisasi UKS Melalui Sekolah Sehat

Rabu, 24 Agustus 2022 12:25 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Senada, Vice President General Sekretaris Danone Indonesia, Vera Galuh merasa senang dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendukung Kampanye Sekolah Sehat melalui beberapa program yang dilaksanakan oleh pihaknya.

Pertama, menjaga lingkungan sekolah bersih dengan mengajarkan cara penanganan sampah. “Kita telah membuat modul dengan topik ‘Sampahku, Tanggungjawabku’. Jadi kita mengajarkan anak-anak mengelola sampah agar lingkungan selalu bersih,” tuturnya.

Kedua, mengajarkan bagaimana menjalani pola hidup sehat dengan asupan air minum yang cukup karena data menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia kekurangan air minum. Ketiga, mengajarkan bagaimana menjaga asupan gizi anak-anak.

Baca juga : Sesjen Kemendikbudristek Imbau Pejabat Yang Dilantik Jalankan Amanah Dengan Semangat Kolaboratif

“Kita juga punya modul ‘Kantin Sehat’. Seperti apa asupan gizi dan jenis makanan yang perlu disediakan oleh Kantin Sehat,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan Sekolah Sehat, Vera berharap banyak mitra lainnya turut berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kemendikbudristek.

“Untuk mewujudkan Sekolah Sehat, sekolah tidak bisa berjalan sendiri. Mari bersama-sama bergotong royong mewujudkan Sekolah Sehat sehingga tercipta generasi yang sehat dan maju untuk bangsa Indonesia,” ucapnya.

Baca juga : Kemendikbudristek Bakal Gelar Ruwat Bumi Di G20

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin juga turut mendukung adanya program Revitalisasi UKS melalui Sekolah Sehat.

Menurutnya, program tersebut dapat dicapai dengan optimalisasi peran dan fungsi organisasi tim pembina UKS pada setiap jenjang sekolah, peran serta peserta didik, guru, orang tua, komite sekolah serta masyarakat.

“Dengan terciptanya Usaha Kesehatan Sekolah yang efektif diharapkan dapat mendukung terciptanya peserta didik yang sehat dan berkualitas yang merupakan investasi bangsa. Sehat sekolahku, Sehat Indonesiaku,” jelas Menkes. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.